Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 14, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Energi Tetap Terjaga saat Berpuasa? Ini Tipsnya

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Bayangkan kamu terjebak dalam tumpukan dokumen dan tenggat waktu yang sibuk, tentu ini cukup menguras energi untuk menyelesaikannya.

Terlebih lagi dehidrasi dan kelelahan akibat berpuasa Ramadan membuat tingkat produktivitas kamu terancam akan turun drastis karena kekurangan energi.

Meskipun mempertahankan energi tetap tinggi selama puasa cukup sulit, menghabiskan banyak waktu puasa di tempat kerja bisa jadi lebih sulit.

Haruskah bekerja sambil berpuasa di bulan Ramadan menyerah pada siksaan seperti itu?

Puasa ramadan seharusnya tidak menjadi alasan di balik kehilangan energi, fokus, dan produktivitas atau kualitas kerja yang menurun.

Lantas bagaimana cara agar saat berpuasa tetap bisa fokus menjaga produktivitas dan tak kekurangan energi? Berikut ini 5 tips untuk menjaga tingkat energi kamu tetap tinggi selama puasa di kantor.

Sempatkan power nap
Karena kamu tidak makan siang, kamu bisa menukar jam makan siang dengan tidur siang singkat (power nap) yang nyenyak.

Daripada terus melanjutkan bekerja dan mengabaikan istirahat, kamu dapat menggunakan 10 hingga 20 menit untuk power nap.

Penelitian telah menunjukkan bahwa power nap dapat meningkatkan produktivitas, serta membantu kamu lebih fokus.

Tidur siang sebentar akan menjaga energi kamu pada jam-jam kritis tengah hari saat perhatianmu mulai memudar karena lapar dan dehidrasi.

Tetap sibuk
Menyibukkan diri dengan pekerjaan adalah cara terbaik. Ketika fokus menyelesaikan pekerjaan, kamu tidak akan menyadari cepatnya waktu berlalu.

Buktikan kepada rekan kerja bahwa kamu masih bisa produktif sepenuhnya selama puasa Ramadan. Tapi ingat, jangan menyibukkan diri secara berlebihan agar energi dalam tubuhmu tetap terjaga.

Baca juga: 4 Tips Tetap Produktif Di Bulan Ramadan

Atur makanan
Manusia mungkin dapat bertahan hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu, tetapi mereka tidak dapat bertahan lama tanpa air.

Oleh karena itu, saat sahur dan makan malam setelah buka puasa, minum air putih sebanyak mungkin agar tubuh tetap terhidrasi.

Menyeimbangkan makanan sehat dan bergizi untuk sahur dan buka puasa adalah kunci untuk memiliki energi selama jam puasa yang panjang.

Hemat energi kamu
Hemat energi sebanyak mungkin dengan tidak melakukan olahraga berat yang mungkin menguras tenaga
kamu selama waktu puasa.

Jalan-jalan sebentar
Berada di meja kerja sepanjang hari selama berjam-jam bisa sangat melelahkan, dan terkadang bisa menyebabkan ngantuk.

Menjauhlah sejenak dari komputer dan berjalan-jalan sebentar di sekitar area kantor, ini akan membantu menyegarkan pikiran dan tenaga kamu.

Nah, itu tadi tipsnya agar kamu bisa menjaga energi tetap penuh selama jam kerja sambil berpuasa di kantor.

Hindari hal-hal tidak perlu yang dapat membuang waktu, energi, dan emosi. Ingat, banyak cara untuk menjalankan ibadah tanpa mengorbankan kehidupan kerja yang aktif dan sibuk. Selamat berpuasa!**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan