Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

10 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia, Sebelum dan Setelah Covid-19

Topcareer.id – Pandemi Covid-19 telah mengguncang peringkat negara ekonomi terbesar di dunia setelah mengirim banyak negara ke dalam resesi ekonomi terburuk dalam sejarah baru-baru ini.

Amerika Serikat, China, Jepang, dan Jerman masih menempati empat tempat teratas sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia, tetapi beberapa peringkat telah bergeser akibat pandemi, menurut analisis CNBC dari perkiraan International Monetary Fund (IMF).

CNBC membandingkan produk domestik bruto nominal dalam dolar AS di berbagai negara yang disediakan dalam database Outlook Ekonomi Dunia IMF.

PDB Nominal memperkirakan nilai pasar dari semua barang jadi dan jasa yang diproduksi dalam suatu perekonomian tetapi tidak menghapus perubahan dalam tingkat harga, atau inflasi – dan oleh karena itu dapat melebih-lebihkan atau mengecilkan nilai ekonomi riil.

India tertinggal dari Inggris

India, yang menjadi ekonomi terbesar kelima di dunia pada 2019, merosot ke posisi keenam di belakang Inggris tahun lalu.Negara Asia Selatan initidak akan mendapatkan kembali tempat kelima dalam peringkat ekonomi global hingga 2023, menurut analisis CNBC terhadap data IMF.

India dilanda penguncian ketat tahun lalu ketika negara itu berjuang untuk menahan virus corona. Ekonominya diproyeksikan oleh IMF untuk berkontraksi 8% pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2021.

Para ekonom memperkirakan bahwa satu bulan penguncian nasional – jika diberlakukan lagi – akan memangkas 100-200 basis poin dari PDB tahunan India.

Brasil keluar dari 10 besar

Brasil naik dari ekonomi terbesar kesembilan pada tahun 2019 menjadi terbesar ke-12 tahun lalu, menjadi satu-satunya negara yang keluar dari peringkat 10 besar.

Baca juga: Tak Miliki Peraturan Perusahaan? Hati-Hati Sanksi Pidana Dan Perdata Menanti

Negara Amerika Selatan itu akan tetap berada di luar 10 ekonomi terbesar dunia sampai setidaknya 2026 – proyeksi IMF terjauh yang tersedia, analisis CNBC menunjukkan. Ekonomi berkontraksi 4,1% tahun lalu dan diperkirakan tumbuh 3,7% pada 2021, menurut IMF.

Korea Selatan masuk 10 besar

Dengan Brasil keluar dari 10 ekonomi terbesar di dunia, Korea Selatan naik ke posisi 10 dan diperkirakan akan tetap di sana hingga setidaknya 2026, analisis CNBC menunjukkan. Proyeksi data IMF hanya tersedia hingga tahun 2026.

Korea Selatan adalah salah satu negara paling awal di luar China yang melaporkan kasus Covid-19 pada awal 2020. Negara tersebut telah berhasil mengatasi virus tahun lalu yang – bersama dengan ekspor semikonduktor yang kuat – membantu ekonominya berkontraksi sebesar 1% pada tahun 2020.

IMF memprediksi ekonomi Korea Selatan bisa tumbuh 3,6% tahun ini. Berikut adalah perubahan besar dalam peringkat 10 ekonomi terbesar di dunia sebelum dan sesudah wabah Covid.

10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2019

1. Amerika Serikat
2. China
3. Jepang
4. Jerman
5. India
6. UK
7. Perancis
8. Italia
9. Brasil
10. Kanada

10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2020

1. Amerika Serikat
2. China
3. Jepang
4. Jerman
5. UK
6. India
7. Perancis
8. Italia
9. Kanada
10. Korea Selatan

Leave a Reply