Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Kerja Dari RumahTren

Kamu Butuh Jeda di antara Meeting Zoom, Ini Alasannya

Ekspresi wajah saat melakukan Zoom meeting.

Topcareer.id – Keseringan meeting Zoom dalam sehari memang tidak baik bahkan melelahkan. Dengan meningkatnya kelelahan Zoom (Zoom fatigue), mungkin ada baiknya mempertimbangkan jeda sejenak di antara rapat.

Microsoft merilis data baru yang menunjukkan bagaimana menghentikan rapat berturut-turut – bahkan selama lima atau 10 menit di antaranya – dapat mengurangi tingkat stres dan memungkinkan karyawan untuk tetap fokus dan terlibat.

Empat belas orang diminta mengikuti meeting Zoom sambil mengenakan peralatan electroencephalogram (EEG), yang mengukur aktivitas listrik di otak mereka. Relawan berpartisipasi dalam dua sesi pertemuan yang berbeda.

Pada hari pertama, mereka menghadiri empat pertemuan setengah jam yang berlangsung secara berurutan. Rapat ini berfokus pada tugas yang berbeda – mulai dari mendesain tata letak kantor, atau membuat rencana pemasaran.

Uji coba kedua mengulangi jadwal pertemuan – empat pertemuan setengah jam – tetapi istirahat 10 menit tersebar di dalamnya, sementara peserta diminta untuk mengambil bagian dalam meditasi menggunakan Headspace selama istirahat.

“Dalam dunia pekerjaan jarak jauh dan hibrida saat ini, tidak cukup hanya dengan mendorong perawatan diri,” kata Kathleen Hogan, kepala staf di Microsoft, dikutip Ladders.

Baca juga: Dipecat Dari Pekerjaan Impian? Coba Lakukan 3 Hal Ini

“Kami perlu berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk membantu karyawan mengoperasionalkan jeda yang sangat dibutuhkan dalam rutinitas harian mereka.”

Penelitian sebelumnya telah membuahkan hasil untuk mendukung klaim penelitian – bahwa meeting berturut-turut dapat menyebabkan stres menumpuk. Namun, ketika diberi kesempatan untuk istirahat, gelombang beta responden – yang sering dikaitkan dengan stres – turun, memungkinkan pengisian ulang.

Kedua, istirahat sebenarnya memungkinkan otak bekerja secara berbeda. Para peneliti mengatakan bahwa ketika peserta bermeditasi saat istirahat, pola gelombang otak menunjukkan “tingkat positif asimetri alfa frontal,” cara yang bagus untuk mengatakan bahwa peserta lebih terlibat setelahnya.

Saat mereka memantul dari rapat ke rapat, levelnya negatif – membuatnya lebih sulit untuk tetap fokus dan terlibat.

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah beban berat yang timbul karena transisi rapat ke rapat. Seringkali, rapat cenderung bercabang menjadi beberapa topik yang dapat menyebabkan tingkat stres melonjak.

Bagi peserta, aktivitas gelombang beta sekali lagi melonjak ketika harus menyelesaikan rapat baru, tetapi ketika jeda dipertimbangkan, aktivitas tersebut turun dan membuat pengalaman lebih mudah di kepala.**(Feb)

Leave a Reply