Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2021

Auckland jadi kota paling layak huni di dunia.

Topcareer.id – Kota metropolitan Auckland di Selandia Baru dinobatkan sebagai kota paling layak huni secara global oleh The Economist Intelligence Unit (EIU) ketika dunia masih terus berjuang dengan pandemic virus corona.

Itu sebagian besar karena keberhasilan penanganan Covid-19 di negara itu yang memungkinkan sekolah, teater, restoran, dan atraksi budaya lainnya tetap buka selama periode survei dari 22 Februari hingga 21 Maret 2021, menurut EIU.

Kota-kota Asia-Pasifik mendominasi peringkat 10 teratas tahun ini, bahkan ketika pandemi menyebabkan penurunan kemampuan huni secara keseluruhan di seluruh dunia. Berikut 10 kota paling layak huni teratas di dunia, dan skornya menurut The Global Liveability Index 2021:

Auckland, Selandia Baru (96.0)
Osaka, Jepang (94.2)
Adelaide, Australia (94.0)
Wellington, Selandia Baru (93,7)
Tokyo, Jepang (93.7)
Perth, Australia (93.3)
Zurich, Swiss (92.8)
Jenewa, Swiss (92.5)
Melbourne, Australia (92,5)
Brisbane, Australia (92,4)

Indeks livability memberi peringkat kota berdasarkan lebih dari 30 faktor kualitatif dan kuantitatif di lima kategori besar: stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur.

Baca juga: Tips Simple Merawat Diri Sambil WFH

Karena pandemi, EIU menambahkan indikator baru seperti tekanan pada sumber daya perawatan kesehatan serta pembatasan di sekitar acara olahraga lokal, teater, konser musik, restoran, dan sekolah.

Menurut Kepala ekonom global di EIU, Simon Baptist, dampak Covid-19 cukup jelas dalam peringkat,. “Ada perombakan yang cukup besar dalam hal, tentu saja 10 besar, tetapi juga di seluruh peringkat, berdasarkan situasi Covid-19,” katanya kepada CNBC.

Baptist menjelaskan, kota-kota yang dikunci atau mengalami lonjakan kasus selama periode survei melihat skor mereka berkurang pada beberapa kriteria, yang menyebabkan banyak kota di Eropa peringkatnya turun.

Itu termasuk kota Wina di Austria, yang secara konsisten berada di peringkat teratas selama beberapa tahun terakhir. Tahun ini, bagaimanapun, gagal masuk ke 10 besar dan berada di posisi ke-12.

Leave a Reply