Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Covid-19 Melonjak, Penambahan Tempat Isolasi Pasien di DKI Dipercepat

Topcareer.Id – Akibat semakin tingginya penularan Covid-19, terutama di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat, Pemerintah memutuskan mempercepat ketersediaan tempat isolasi bagi pasien Covid-19.

Ribuan tempat tidur kini sedang dipersiapkan. Upaya tersebut diungkapkan Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dody Ruswandi.

“Ini semua fasilitas yang sudah disediakan secara bertahap akan kita gunakan kalau nanti Wisma Atlet sudah penuh. Total fasilitas mencapai 8.000 tempat dari semua yang disediakan,” ujar Dody saat meninjau lima lokasi ruang isolasi pasien di Jakarta, Jumat (18/6/2021), didampingi Kepala BPBD DKI Sabdo Kurnianto.

Rusun Pasar Jumat menjadi salah satu tempat yang disiapkan untuk isolasi pasien Covid-19 di DKI Jakarta, Foto: Aulia Rachman/ Satgas Covid-19

Beberapa lokasi yang dikunjungi antara lain Rumah Susun Pasar Rumput Manggarai di Jakarta Selatan, Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur, Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, dan Rumah Susun Pasar Jumat di Jakarta Selatan.

Baca juga: 12% Populasi Dunia Telah Menerima Vaksin Covid-19

Kunjungan ke sejumlah lokasi

Dalam kunjungan pertama, Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan nampak telah selesai dibangun oleh Kementerian PUPR di atas tanah milik Pemda DKI Jakarta.

Tempat ini memiliki hampir 4.000 tempat tidur dengan fasilitas standar yang siap digunakan.

Sementara itu, Asrama Haji di Jakarta Timur menyediakan setidaknya 780 tempat tidur yang sudah siap dipakai untuk para calon pasien.

Di Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah. Terdapat 33 kamar dengan 100 tempat tidur yang sudah disiapkan.

Bahkan, saat ini 29 pasien tanpa gejala tengah menjalani perawatan di sana, dan rencana akan terus bertambah.

Di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementerian Agama, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Dody menyebutkan, sudah tersedia 210 kamar tidur dengan fasilitas standarnya.

Begitu juga di Rusun Pasar Jumat Jakarta Selatan, hampir 1.000 tempat tidur telah disediakan.

Semua kamar ini masih terlihat bersih dan layak dihuni.

Baca juga: 5 Provinsi Ini Dominasi Jumlah Kasus Aktif Covid-19 Nasional

Rusun lain juga telah disiapkan

Ada juga sejumlah rusun lain yang akan digunakan, yakni Rusun Daan Mogot di Jakarta Barat, yang juga memuat hampir 1000 fasilitas tempat tidur.

Dody menyebutkan, sebelumnya Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito juga telah meninjau 5 tower di Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara.

Menurut Dody, sekitar 2.550 tempat tidur sudah disiapkan dan hari ini sudah mulai diisi pasien.

“Kita tidak ingin semua fasilitas itu terisi, tetapi kalau itu terjadi kita harus siap menangani pasien. Tugas kami di pusat ( BNPB ) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan TNI Polri mendukung semua usaha yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI,” ujarnya.**(Feb)

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply