Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Apa Beda Varian Corona Delta dengan Delta Plus?

Ilustrasi. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Kini selain varian Delta yang diketahui lebih menular dan berasal dari India, ada varian lain juga menjadi perhatian, yakni Delta Plus. Varian ini juga diketahui berasal dari India. Lantas apa beda varian Delta dan Delta Plus?

Semua varian membawa kelompok mutasi. Delta Plus memiliki mutasi ekstra yang disebut K417N, yang membedakannya dari varian Delta biasa. Mutasi ini mempengaruhi protein spike, bagian dari virus yang menempel pada sel yang diinfeksinya.

“Mutasi K417N tidak sepenuhnya baru. Ia muncul secara independen di beberapa garis keturunan virus,” kata Francois Balloux, Direktur Institut Genetika Universitas College London (UCL), dikutip dari CNN, Jumat (25/6/2021).

Mutasi itu terlihat pada strain yang ditemukan di Qatar pada Maret 2020, dan juga ditemukan pada varian Beta, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan musim gugur lalu, katanya kepada Science Media Center, Rabu.

“Mutasi dapat berkontribusi pada pelarian kekebalan, meskipun dampaknya pada penularan tidak jelas,” tambahnya.

Baca juga: Tren Baru, Ngemall Sambil Vaksin. Ini Daftarnya (Bagian 1)

Semua virus bermutasi terus-menerus. Beberapa dari perubahan itu membuat virus lebih baik dalam menginfeksi sel, atau lebih baik dalam bereplikasi. Sementara yang lain memiliki sedikit efek atau bahkan berbahaya bagi virus.

Menurut Balloux, hingga saat ini, ada sekitar 160 jenis virus corona yang diurutkan secara global. Ada juga “varian Delta plus lainnya dengan mutasi lain,” kata pemerintah India pada Rabu, menambahkan bahwa AY.1 adalah yang paling terkenal.

Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Covid-19, menambahkan bahwa tim sedang melihat mutasi spesifik ini dan apa artinya ini dalam hal penularan, dalam hal tingkat keparahan, dan sangat penting apa artinya ini dalam hal tindakan medis selanjutnya.

Sementara itu, varian Delta reguler, juga dikenal sebagai strain B.1.617.2, telah menyebar dengan cepat. Ini telah dilaporkan di lusinan negara, dan 40% hingga 60% lebih mudah menular daripada varian Alpha yang pertama kali diidentifikasi di Inggris, kata Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC).**(Feb)

Tinggalkan Balasan