Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Disusupi Malware Joker, Segera Hapus 8 Aplikasi Android Ini

Topcareer.id – Malware Joker Trojan telah terlihat di aplikasi Google Play Store sejak tiga tahun terakhir. Laporan terbaru oleh Quick Heal Security Labs menemukan 8 malware Joker di Google Play Store.

Malware menyelinap ke perangkat pengguna melalui aplikasi dan kemudian secara diam-diam mengumpulkan data dan terus memasukkan pengguna ke langganan premium tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka.

Kedelapan aplikasi ini dilaporkan ke Google dan raksasa teknologi itu telah menghapus semua aplikasi dari toko mereka.

Menurut laporan Quick Heal, saat diluncurkan, aplikasi ini meminta akses notifikasi, yang digunakan untuk mendapatkan data notifikasi.

Joker Trojan mencuri informasi dari perangkat korban melalui pesan SMS, daftar kontak, dan info perangkat. Trojan kemudian akan diam-diam berinteraksi dengan situs web iklan dan juga membuat korban berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan mereka.

Aplikasi kemudian mengambil data SMS dari notifikasi, dan meminta akses Kontak. Ketika akses diberikan, aplikasi membuat dan mengelola izin panggilan telepon. Setelah itu, ia terus bekerja tanpa menunjukkan aktivitas berbahaya yang terlihat kepada pengguna.

Baca juga: Dilarang Memeluk Mickey Mouse Di Disneyland Paris

Perusahaan keamanan siber mengklaim bahwa pembuat malware menyebarkan aplikasi malware ini di Google Play Store dalam aplikasi pemindai, aplikasi wallpaper, aplikasi pesan. Jenis aplikasi ini dapat dengan cepat menjadi target.

Berikut adalah delapan aplikasi yang baru-baru ini terlihat mengandung virus Joker Trojan dan harus dihapus dari perangkat Android apa pun:

1. Auxiliary Message
2. Fast Magic SMS
3. Free CamScanner
4. Super Message
5. Element Scanner
6. Go Messages
7. Travel Wallpapers
8. Super SMS

Tinggalkan Balasan