Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Di Inggris, Obat Ivermectin Masih dalam Uji Coba untuk Covid-19

vaksinasiIlustrasi vaksin

Topcareer.id – Di Indonesia, obat Ivermectin masih menjadi perdebatan apakah bisa digunakan untuk orang-orang dengan gejala Covid-19 atau tidak. Sementara, ilmuwan Universitas Oxford menguji coba pemberian Ivermectin kepada orang-orang dengan gejala Covid.

Hal itu dilakukan untuk melihat apakah obat itu dapat membuat mereka sembuh dan segera keluar dari rumah sakit. Studi Prinsip akan membandingkan mereka yang diberi obat dengan pasien yang menerima perawatan NHS biasa.

Obat tersebut menjadi kontroversial setelah dipromosikan untuk digunakan di seluruh Amerika Latin dan Afrika Selatan, juga Indonesia, meskipun sejauh ini belum terbukti. Studi sebelumnya tentang Ivermectin umumnya kecil atau berkualitas rendah.

Ivermectin paling sering digunakan untuk mengobati infeksi parasit seperti kebutaan sungai (Onchocerciasis) yang disebarkan oleh lalat.

Ivermectin juga telah terbukti membunuh virus di cawan petri di laboratorium meskipun menggunakan dosis yang jauh lebih tinggi daripada yang biasanya diresepkan untuk orang.

Dikutip dari BBC, Dr Aurora Baluja, seorang ahli anestesi dan dokter perawatan kritis, mengatakan Ivermectin sering diberikan di bagian dunia di mana terdapat insiden infeksi parasit yang tinggi.

Baca juga: Benarkan Obat Cacing Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Penjelasan BPOM

Pasien Covid yang juga memerangi penyakit parasit pada saat yang sama kemungkinan akan mengalami nasib yang lebih buruk dan itu mungkin menjelaskan beberapa efek positifnya.

Meskipun ada beberapa hasil awal yang “menjanjikan” dari studi kecil dan observasional, Kepala Investigator Principle joint Prof Richard Hobbs mengatakan akan “terlalu dini” merekomendasikan Ivermectin untuk Covid.

Sebuah studi observasional sebelumnya menyarankan antibiotik Azitromisin mungkin membantu pasien Covid. Tetapi studi Prinsip kemudian menunjukkan obat itu tidak efektif.

Percobaan seperti Prinsip dipandang sebagai “standar emas” karena mereka dapat lebih yakin mengukur efek obat dan bukan faktor lain.

Terlepas dari kurangnya bukti yang baik sejauh ini, Ivermectin telah digunakan oleh dokter atau oleh individu yang mengobati sendiri di negara-negara termasuk Brasil, Bolivia, Peru, Afrika Selatan, dan AS.

Di AS, penyedia SingleCare mengatakan 817 resep telah diisi untuk Ivermectin (yang juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti rosacea) pada Januari dan Februari 2021, dibandingkan dengan 92 pada periode yang sama tahun lalu.

“Seperti hydroxychloroquine sebelumnya, ada banyak penggunaan off-label obat ini, terutama berdasarkan studi virus di laboratorium, bukan pada manusia,” kata Dr Stephen Griffin di University of Leeds dalam BBC.

“Bahaya dengan penggunaan off-label seperti itu adalah penggunaan obat menjadi didorong oleh kelompok kepentingan tertentu atau pendukung pengobatan non-konvensional dan menjadi dipolitisasi,” katanya,

Ia menambahkan percobaan ini harus memberikan “jawaban akhir” apakah Ivermectin harus digunakan untuk mengobati virus corona atau tidak.**(Feb)

Leave a Reply