Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ini 10 Stasiun Kereta Api Yang Layani Vaksinasi Covid-19

PT Kereta Api Indonesia sudah membuka pemesanan tiket untuk mudik lebaran.Kereta api. (sumber: BUMN)

Topcareer.id – Dalam rangka membantu upaya pemerintah memberantas Covid-19, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan akan membuka layanan program vaksinasi Covid-19 secara gratis mulai 5 Juli 2021 kemarin.

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam tahap pertama program vaksinasi ini akan melakukan vaksinasi di beberapa stasiun seperti :

  1. Gambir
  2. Pasar Senen
  3. Bandung
  4. Cirebon
  5. Semarang Tawang
  6. Purwokerto
  7. Yogyakarta
  8. Solo Balapan
  9. Madiun
  10. Jember

“Secara bertahap KAI akan menambah jumlah stasiun yang melayani Vaksinasi Covid-19 gratis tersebut. Hadirnya layanan ini juga untuk mendukung program percepatan vaksinasi Covid-19 yang sedang digalakkan pemerintah,” ujarnya, Senin (5/7/2021).

Lebih lanjut, Joni mengatakan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi masyarakat yang ingin mengikuti program vaksinasi di KAI ini, mulai dari berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Baca juga: 8 Keterampilan Penting Untuk Kesuksesan Karier 

“Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19,” tambahnya.

Sebelumnya diketahui, mulai tanggal 5-20 Juli 2021, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2×24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Namun, bagi penumpang yang memiliki kepentingan khusus namun tidak atau belum divaksin dengan alasan medis, tetap dapat menggunakan KA Jarak Jauh dengan syarat menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku.

Sementara itu, untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Dan bagi penumpang di bawah 5 tahun tidak diharuskan menujukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan