Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Kacang Mete untuk Depresi, Kecemasan, dan Kesehatan Umum

Kacang mete

Topcareer.id – Kacang mete juga biasa disebut kacang mede atau kacang mente. Kacang ini sebenarnya bukanlah kacang, melainkan biji dari buah jambu mete.

Buah jambu mete juga dikenal sebagai jambu monyet yang memiliki nama latin Anacardium occidentale.

Harga kacang mete terbilang cukup mahal, mungkin kamu berpikir harganya terlalu berlebihan. Tapi, coba pikirkan lagi.

Kacang mete bukan hanya makanan ringan yang enak dan kaya protein, kacang mete juga mengandung nutrisi peningkat kesehatan yang kuat dan bisa mencegahmu menjadi gila karena depresi.

Yap, benar. Kacang mete adalah antidepresan alami. Lalu, mengapa kacang mete baik untuk membantu menekan depresi?

Serotonin adalah bahan kimia yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan suasana hati, jadi depresi sering kali disebabkan oleh penurunan kadar serotonin dan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi serotonin, yang disebut triptofan.

Kacang mete mengandung vitamin penstabil suasana hati yakni B6, magnesium, niasin, dan bahkan triptofan.

B6 membantu mengubah triptofan menjadi serotonin dan membantu magnesium masuk ke dalam sel-sel tubuh. Sinergi nutrisi inilah yang membantu mengatasi depresi.

Peneliti mengklaim bahwa jika kamu makan satu atau dua genggam kacang mete per hari, kamu akan mendapatkan cukup triptofan untuk meningkatkan suasana hati.

Baca juga: Ini Manfaat Makan Kacang Almond yang Direndam sebelum Sarapan

Apa lagi manfaat kacang mete?
Singkatnya, kacang mete baik untuk tubuh kamu. Selain efek antidepresannya, kacang mete juga kaya akan vitamin, mineral, dan lemak yang bermanfaat bagi banyak bagian tubuh, organ, dan sistem seperti:

Jantung
Karena kacang mete rendah kolesterol, kacang mete mudah masuk ke jantung dan pembuluh darah. Mete juga mengandung antioksidan dan asam oleat, lemak tak jenuh tunggal yang umum dalam makanan manusia.

Asam oleat dikaitkan dengan penurunan kolesterol low-density lipoprotein (LDL).

Menjaga berat badan
Makan kacang mete rutin setidaknya dua kali seminggu bisa membantu memperlambat kenaikan berat badan.

Kacang mete mengandung lemak yang menyehatkan jantung, jadi mengganti camilan junk food dengan kacang mete dapat membantu menjaga berat badan dan menurunkan lemak.

Tekanan darah
Kacang mete mengandung magnesium, yang membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Satu studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 368 miligram (mg) magnesium per hari selama rata-rata tiga bulan mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik secara keseluruhan.

Kantong empedu
Studi yang dilakukan selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa wanita yang makan setidaknya 1 ons kacang mete setiap minggu memiliki risiko 25% lebih rendah terkena batu empedu.

Gusi dan gigi
Kacang mete mengandung tembaga dan magnesium yang penting untuk perkembangan dan pemeliharaan kulit, tulang dan gigi serta gusi.

Pencegahan penyakit
Kacang mete kaya akan antioksidan yang melawan racun dan penyakit seperti kanker.

Mete juga kaya akan vitamin seperti riboflavin, asam pantotenat, thiamin, dan niacin yang membantu mencegah kondisi medis seperti anemia sideroblastik dan pellagra.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan