Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Agustus 5, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

10 Cara Komunikasi Efektif, Terutama di Dunia Digital (Bagian 2)

Dok. Cortex

Topcareer.id – Menjadi profesional yang berpengaruh dan mendapatkan apa yang kamu inginkan di tempat kerja seringkali bergantung pada seberapa efektif kamu menyampaikan poinmu, terutama dalam hal komunikasi digital.

Berikut adalah 10 kebiasaan komunikasi yang kurang diketahui untuk memaksimalkan peluangmu mendapatkan apa yang kamu inginkan lebih cepat, melansir CNBC Make It.

6. Jika kamu memiliki keputusan yang ingin didokumentasikan untuk menghindari kesalahpahaman, kirimkan email yang menjelaskan keputusan tersebut

Tidak semua orang akan mengingat apa yang mereka setujui. Katakan, “Untuk rekap, kami memutuskan untuk …” atau “Seperti yang dibahas, langkah selanjutnya adalah …” tidak hanya memastikan bahwa setiap orang melakukan apa yang mereka katakan akan mereka lakukan, tetapi juga mencegah siapapun mundur dari keputusan nanti.

7. Jika kamu memiliki banyak detail untuk difilter orang, kirimkan file untuk mereka tinjau pada waktu mereka sendiri (Ditambah jadwal pertemuan lanjutan, jika diperlukan).

Meskipun tidak semua orang meninjau apa yang kamu kirim sebelum rapat, berbagi informasi sebanyak mungkin sebelumnya memungkinkanmu menghabiskan lebih banyak waktu rapat untuk berdiskusi, daripada mendidik. Ini juga lebih hormat daripada menerkam informasi pada orang lain.

Baca juga: Pernah Alami Bullying Di Zoom? Ini Tanda-Tandanya

8. Jika kamu memiliki topik yang rumit, kontroversial, atau memerlukan diskusi, jadwalkan panggilan Zoom atau rapat

Dengan cara ini, kamu menjernihkan kesalahpahaman dalam 10 menit — dan tidak melalui 10 email yang membentang selama 10 hari dengan 10 orang menyalin.

9. Jika kamu memiliki rapat untuk dijadwalkan, kirimkan undangan kalender dengan jelas menyebutkan tanggal, waktu, dan metode rapat

Memiliki detail ini di awal dapat membantumu dan orang lain menghindari kebingungan di menit terakhir untuk mencari tahu siapa yang menelepon siapa — dan, pada gilirannya, menjadi bingung dan kehilangan arah tentang apa yang seharusnya menjadi tujuan pertemuan itu.

10. Jika kamu memiliki keputusan yang memerlukan persetujuan banyak orang, konsultasikan dengan orang-orang satu per satu

Kamu lebih mungkin mendapatkan persetujuan yang kamu inginkan jika kamu tahu bahwa semua orang di ruangan itu sudah setuju dengan rencanamu daripada jika semua orang hanya mendengar idemu untuk pertama kalinya — dan melihat sekeliling untuk melihat bagaimana reaksi orang lain.**(Feb)

Tinggalkan Balasan