Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Januari 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kesalahan Perawatan Rambut yang Malah Bikin Rontok (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Quora)

Topcareer.id – Baik laki-laki maupun perempuan bisa saja mengalami masalah kerontokan rambut, dan ini masalah yang cukup rumit. Beda jika rambut rusak atau beruban yang masih bisa diperbaiki oleh produk perawatan rambut, masalah rambut rontok ini kadang tidak tumbuh kembali.

“Rambut rontok terjadi ketika folikel melemah dan, sebagian besar waktu, itu banyak berkaitan dengan masalah kesehatan internal, yang bisa berupa apa saja mulai dari ketidakseimbangan hormon, stres dan kekurangan nutrisi hingga kecenderungan genetik,” kata trichologist Leonica Kei, yang juga pemilik Leonica K Trichology, dikutip dari CNA Lifestyle.

Tetapi ada juga contoh di mana gaya rambut, perawatan rambut, atau kebiasaan pribadimu dapat menyebabkan hal itu terjadi. Berikut kesalahan perawatan rambut yang sering dilakukan.

Kesalahan 1: Jarang keramas dengan shampo

Ya, Jarang keramas untuk jangka waktu yang lama atau mengganti sampo dengan alternatif alami mungkin bukan ide yang baik, terutama dalam cuaca panas dan lembab.

“Shampoo membantu membersihkan kulit kepala dari sebum dan racun. Jika kamu tidak membersihkan sebum di kulit kepala, itu bisa menumpuk di sekitar folikel rambut dan menyumbatnya. Sebum yang terakumulasi akan merusak selubung di sekitar akar rambut, yang melakukan pekerjaan yang sangat penting untuk menambatkan setiap helai rambut ke kulit kepala,” kata Kei.

Ia menyebut, mencuci rambut dan kulit kepala terlalu jarang juga dapat menyebabkan gatal dan peradangan pada kulit kepala, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rambut rontok juga.

Baca juga: Tips Memilih Masker Tidur Untuk Istirahat Yang Nyenyak

Seberapa sering kita harus mencuci rambut? Itu benar-benar tergantung pada kondisi kulit kepala dan rambut yang unik. Kamu mungkin perlu keramas lebih sering jika kamu memiliki kulit kepala berminyak atau saat cuaca panas.

Kesalahan 2: Memakai kondisioner pada akar rambut

Jika kamu belum tahu, kondisioner sebaiknya hanya diterapkan pada batang rambut dan tidak pada kulit kepala atau di dekat akar rambut. Kondisioner dimaksudkan untuk melembabkan dan mengurai rambutmu dan tidak boleh diperlakukan sebagai “pelembab” untuk kulit kepala, yang mungkin cenderung dilakukan oleh beberapa orang dengan ketombe.

Bahkan jika kamu membilas kondisioner, itu akan meninggalkan residu di kulit kepala. Kei menjelaskan bahwa hal itu tidak secara langsung menyebabkan kerontokan rambut, tetapi akan menyebabkan iritasi kulit kepala, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Kesalahan 3: Menyisir terlalu banyak

Kei mengatakan bahwa menyisir rambut tidak boleh dilakukan melebihi apa yang diperlukan untuk penataan rambut, karena tindakan menyisir dapat menyebabkan kerusakan, terutama pada rambut kering, keriting atau dikeriting.

Selain itu, menyikat terlalu banyak juga dapat menyebabkan abrasi dan iritasi pada kulit kepala, terutama jika sisir yang digunakan salah atau berkualitas buruk.

Kamu mungkin pernah membaca atau mendengar bahwa menyikat kulit kepala secara teratur adalah baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut. Kei mengatakan, ada cara lain yang lebih baik untuk mencapai stimulasi kulit kepala daripada menyikat.**(Feb)

Tinggalkan Balasan