Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, Juli 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kesalahan Perawatan Rambut yang Malah Bikin Rontok (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Baik laki-laki maupun perempuan bisa saja mengalami masalah kerontokan rambut, dan ini masalah yang cukup rumit. Beda jika rambut rusak atau beruban yang masih bisa diperbaiki oleh produk perawatan rambut, masalah rambut rontok ini kadang tidak tumbuh kembali.

“Rambut rontok terjadi ketika folikel melemah dan, sebagian besar waktu, itu banyak berkaitan dengan masalah kesehatan internal, yang bisa berupa apa saja mulai dari ketidakseimbangan hormon, stres dan kekurangan nutrisi hingga kecenderungan genetik,” kata trichologist Leonica Kei, yang juga pemilik Leonica K Trichology, dikutip dari CNA Lifestyle.

Tetapi ada juga contoh di mana gaya rambut, perawatan rambut, atau kebiasaan pribadimu dapat menyebabkan hal itu terjadi. Berikut kesalahan perawatan rambut yang sering dilakukan.

Kesalahan 4: Menggunakan jenis produk perawatan kulit kepala yang salah

Apakah kita benar-benar perlu menambahkan hal-hal seperti serum ke dalam rutinitas perawatan rambut kita? Menurut Kei, ini tidak penting. Pada saat yang sama, kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk yang cocok dengan formulasi lembut yang tidak menyebabkan iritasi kulit kepala, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

“Produk yang dirancang untuk kulit kepala, terutama serum atau tonik yang tidak menempel, akan membuat kulit kepala terasa bersih dan ringan. Waspadalah terhadap mereka yang meninggalkan residu atau menyebabkan kulit kepalamu gatal atau sensitif,” sarannya.

Baca juga: Tips Memilih Masker Tidur Untuk Istirahat Yang Nyenyak

Kesalahan 5: Mengikat rambut terlalu ketat

Mengikat rambut menjadi kuncir kuda atau updo yang ketat – dan memakai gaya rambut seperti itu terlalu sering – mengakibatkan trauma mekanis yang akan melemahkan akar rambut.

Traction alopecia adalah kondisi kerontokan rambut yang disebabkan oleh pengikatan rambut secara terus-menerus. Kenyataannya, banyak balerina dan penari profesional, yang harus terus mengikat rambut dengan kencang saat berlatih atau tampil, mengalami hal ini. “Dalam kasus ekstrim, beberapa bahkan mulai memiliki garis rambut yang surut meskipun mereka masih sangat muda,” kata Kei.

Kesalahan 6: Melewatkan sarapan

Mereka mengatakan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari dan, menurut Kei, memang benar dalam hal penerapannya pada kesehatan rambut.

“Rambutmu adalah yang pertama menderita dan yang terakhir mendapat manfaat dari setiap perubahan di dalam tubuhmu. Jadi ini artinya tubuhmu hanya akan menyalurkan nutrisi ke rambut ketika ada kelebihan nutrisi yang tersisa setelah dipasok ke bagian tubuh yang lain,” jelasnya.

Kei mengatakan, ketika kamu melewatkan sarapan dan aktif di pagi hari, tubuhmu mengambil sisa cadangan nutrisi dari makanan terakhir yang kamu makan kemarin. Ini berarti bahwa rambutmu tidak mungkin ‘diberi’ banyak karena cadangannya belum diisi ulang.

“Dalam jangka panjang, rambutmu akan kekurangan nutrisi dan kemungkinan akan menjadi lemah dan tidak setebal yang seharusnya,” katanya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan