Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Barang-barang yang Selalu Dicari di Masa Pandemi

Sumber foto: weforum.org

Topcareer.id – ShopBack, salah satu startup portal e-commerce dari Singapura yang memanfaatkan program komisi cashback mengungkapkan bahwa ada sejumlah barang yang terus diminati masyarakat meski saat ini perekonomian masyarakat tengah menurun akibat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Yang pertama adalah kategori kesehatan yang memiliki peningkatan penjualan hingga 3 kali lipat dibanding hari biasanya.

“Tercatat ketika masa PPKM berlangsung pembelian Oximeter meningkat hingga 350 kali dari biasanya. Seminggu menjelang PPKM pembelian hand sanitizer meningkat 13 kali, madu meningkat 10 kali, dan jamu meningkat 5 kali,” ungkap Country General Manager ShopBack Indonesia, Galuh Chandra Kirana pada Rabu (28/7/2021).

Selain itu, ShopBack mengatakan masih dalam kategori yang sama, penjualan suplemen penambah imun meningkat 14 kali dan minyak kayu putih meningkat 7 kali lipat. Bahkan untuk vitamin C, pembelian produk ini bahkan sudah lebih dulu melonjak tiga minggu sebelum PPKM, dengan peningkatan transaksi sebesar 54 kali lipat.

“Dalam kategori Kesehatan, kita bisa melihat bahwa kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan kini semakin tinggi dibanding masa awal pandemi. Mereka tidak saja fokus pada pencegahan dengan menjaga imun, tapi terus mawas diri dengan membeli peralatan bantu medis yang bisa menjadi indikator ketika kondisi tubuh menurun,” jelasnya.

Baca juga: 8 Alasan Olahraga Jalan Kaki Lebih Baik daripada Lari

Kemudian untuk kategori Groceries juga diketahui mengalami kenaikan penjualan sebesar 4x lipat pada masa PPKM. Produk-produk ini terdiri dari sabun mandi antiseptik, popok bayi, susu segar dan pasteurisasi, sayur dan buah-buahan, produk pembersih luar rumah, dan puncaknya pada masa PPKM adalah produk sanitasi tangan dan beras.

Tak sebatas itu, pemberlakuan PPKM ini pun dipercaya membuat keinginan konsumen untuk menciptakan suasana rumah senyaman dan seaman kembali muncul. Hal ini terlihat dari pesatnya permintaan barang elektronik maupun untuk sekedar entertainment saja.

“Tiga minggu menjelang PPKM, penjualan Air Purifier meningkat dan mencapai puncak 8x lipat pada masa PPKM. Tidak hanya itu, peralatan elektronik rumah tangga lainnya juga meningkat sangat pesat. Lalu meningkatnya produk digital sebesar 1,26x, menunjukkan kebutuhan data internet yang naik, dan yang paling menarik, ternyata minat baca konsumen juga meningkat,” pungkasnya.

Melihat data ini, ShopBack pun mengatakan keinginan konsumen untuk menciptakan suasana senyaman mungkin di rumah bukan lagi fase adaptasi, tapi lebih sebagai reassurance yaitu sesuatu yang dilakukan untuk menentramkan hati di tengah situasi yang masih tidak menentu.

Sehingga ShopBack memproyeksikan kenaikan transaksi pada beberapa kategori kunci ini masih akan terus terjadi selama beberapa waktu ke depan, mengikuti perkembangan terkini kasus COVID-19 di Indonesia.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan