Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, April 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Alasan Olahraga Jalan Kaki Lebih Baik daripada Lari (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Healthline)

Topcareer.id – Jika suka olahraga jalan kaki dan berlari, kamu mungkin pernah bertanya mana yang lebih baik.

Jalan bisa membuatmu menempuh jarak yang lebih jauh daripada berlari dan membakar lebih banyak kalori, sementara berlari pun juga bisa membuatmu lebih bugar.

Intinya adalah berjalan dan berlari merupakan cara terbaik untuk menjadi bugar. Namun, berjalan kaki memiliki keuntungan berbeda yang mungkin membuatnya lebih menarik bagi sebagian orang daripada berlari.

Berikut ini 8 alasan mengapa olahraga berjalan lebih baik daripada berlari

Bagian pertama dari artikel:

1) Lebih sedikit cedera
Berjalan menghasilkan cedera yang jauh lebih sedikit daripada berlari. Telah lama diduga bahwa cedera lari, serta stres akibat lari jarak jauh seperti maraton dapat menyebabkan perubahan yang bisa mengakibatkan osteoartritis terutama di lutut. Para peneliti mencatat bahwa hingga setengah dari semua pelari terkena cedera lari setiap tahun, yang dapat menyebabkan kerusakan yang bertahan lama.

Baca Juga: Rapat di Kantor Justru Lebih Banyak Bakar Kalori Dibanding Berlari?

2) Berdampak rendah
Pelari menabrak tanah dengan tiga kali berat badan mereka di setiap langkah, sementara berjalan hanya menghasilkan dampak 1,5 kali berat badan kamu. Ini sangat penting jika kamu kelebihan berat badan atau sudah mengalami masalah persendian. Sebagai olahraga berdampak rendah, berjalan kaki dapat membuatmu merasa lebih sedikit kelelahan dibandingkan dengan berlari. Berjalan juga mengurangi keausan pada tubuh.

3) Biasa dilakukan lebih lama
Aktivitas berintensitas tinggi seperti lari diketahui dapat membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Namun tidak semua orang dapat mempertahankan aktivitas ini cukup lama untuk memberikan dampak yang berarti. Sebaliknya, berjalan kaki biasanya bisa berkelanjutan untuk waktu yang lebih lama.

4) Menyenangkan dan mengurangi stres
Pejalan kaki dapat memperlambat langkah untuk menikmati pemandangan, menjelajahi jalan setapak, atau berhenti sejenak. Penelitian menunjukkan berjalan di tempat yang alami seperti taman dapat membantu menghilangkan stres. Selain itu, berjalan juga berfungsi sebagai aktivitas sosial yang menyenangkan yang dapat dinikmati hampir semua orang. Berjalan tidak terlalu berat sehingga tidak mengganggu kemampuanmu untuk berbicara dengan teman dan keluarga.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan