Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Camilan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes (Bagian 2)

Topcareer.id – Bagi penderita diabetes, memilih makanan ringan yang tinggi serat, protein, dan lemak sehat untuk jantung demi mendukung kontrol gula darah yang lebih baik bisa menjadi lebih sulit.

Untungnya, ada banyak pilihan nutrisi yang tersedia, termasuk banyak yang bisa dibuat di rumah hanya dengan beberapa bahan. Melansir Healthline, berikut beberapa camilan manis yang aman untuk penderita diabetes.

6. Puding chia

Puding chia sehat, lezat, dan mudah dibuat hanya dengan beberapa bahan sederhana. Menurut satu ulasan dari 12 penelitian, menambahkan biji chia ke dalam makanan dapat dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih rendah dan pengurangan tekanan darah diastolik.

Baca Juga: Sarapan Sebelum Jam 8.30 Pagi Bisa Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Untuk membuat puding chia di rumah, campurkan 1/2 cangkir (120 mL) almond, oat, atau santan dengan 2 sendok makan (25 gram) biji chia dan sedikit madu atau sirup maple ke dalam gelas. Bisa juga melapisi puding dengan buah-buahan, lalu tutup dan biarkan di lemari es selama minimal 2 jam.

7. Trail mix

Trail mix portabel, nyaman, dan sepenuhnya dapat disesuaikan, menjadikannya camilan yang bagus untuk penderita diabetes. Namun, karena banyak varietas yang dibeli di toko tinggi karbohidrat, kalori, dan gula, mungkin lebih baik membuatnya di rumah.

Sebagian besar resep membutuhkan kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, pecan, kacang mete, biji labu, dan biji bunga matahari, yang semuanya kaya akan protein dan serat. Kamu juga bisa mempermanisnya dengan sedikit cokelat hitam dan buah kering.

8. Es krim pisang

Es krim pisang mudah dibuat dan hanya membutuhkan satu bahan sederhana: pisang. Pisang adalah sumber serat yang baik dan memiliki indeks glikemik rendah, yang mungkin bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah.

Baca juga: Coba Kombinasikan Makanan Ini untuk Cegah Kanker

Plus, satu penelitian pada 45 orang menemukan bahwa konsumsi pisang setiap hari secara signifikan mengurangi kadar gula darah puasa pada orang dengan kadar kolesterol tinggi setelah 4 minggu. Untuk membuat es krim pisang di rumah, potong pisang yang sudah matang, masukkan ke dalam wadah kedap udara, dan bekukan setidaknya selama 2-3 jam.

9. Smoothie protein

Smoothie bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk memasukkan beberapa serat dan protein ekstra ke dalam makanan sambil juga memuaskan rasa manis. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan seperti protein whey, yang membantu memperlambat pengosongan lambung dan merangsang sekresi insulin untuk meningkatkan kontrol gula darah yang lebih baik.

Kamu juga dapat menambahkan sayuran hijau seperti bayam yang merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik.

10. Cinnamon-roasted chickpeas

Buncis sangat padat nutrisi, mengemas banyak protein, serat, folat, dan mangan ke dalam setiap sajian. Tidak hanya itu, tetapi mereka dapat sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Faktanya, satu penelitian kecil pada 12 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi buncis sebelum makan secara signifikan menurunkan kadar gula darah dan asupan energi, dibandingkan dengan kelompok kontrol.**(RW)

Tinggalkan Balasan