Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips agar Terkesan Lebih Muda di Resume

Resume masa kini

Topcareer.id – Bagi mereka yang berusia 40 tahunan, terkadang sulit untuk bersaing dengan karyawan yang lebih muda. Tapi Anda bisa tampil lebih muda dengan menyusun resume yang benar. Mendapatkan posisi yang menguntungkan bisa dilakukan dengan membuat “resume yang lebih muda.”

Perekrut terkadang ragu untuk mempekerjakan kandidat yang lebih tua karena mereka merasa orang-orang ini mungkin tidak terbuka untuk mempelajari hal-hal baru. Coba tampilkan resume yang mencerminkan kepribadian yang lebih muda dengan cara-cara berikut ini, seperti dalam laman Ladders.

Pimpin dengan adanya ringkasan (summary)

Resume Anda akan lebih modis jika menulis ringkasan karier yang disesuaikan dengan kebutuhan calon perusahaan Anda. Mulailah dengan menjelaskan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda akan bermanfaat bagi perusahaan tempat Anda melamar.

Tentu saja, Anda ingin memastikan bahwa keterampilan yang Anda soroti relevan dengan deskripsi pekerjaan. Anda ingin membuat manajer perekrutan berpikir: “Inilah yang kami cari!”

Jadikan itu personal

Berikan sentuhan pribadi pada resume. Biarkan perekrut atau manajer perekrutan tahu siapa Anda di luar pekerjaan. Sertakan minat pribadi yang menyampaikan masa muda. Hobi seperti jogging, hiking, dan ski adalah pilihan yang sangat baik. Tapi itu tidak hanya harus fisik — improvisasi, alat musik dan aktivitas lainnya juga akan membuat Anda terdengar lebih muda.

“Beberapa perusahaan ingin mengetahui siapa Anda di luar pekerjaan, jadi berikan beberapa petunjuk dengan mencantumkan beberapa hobi atau pekerjaan sukarela yang Anda lakukan,” tulis Jacob Share, pendiri situs pencarian pekerjaan Israel JobMob.

Buat kehadiran di media sosial

Anda tidak perlu memosting di Twitter, Facebook, dan Instagram setiap hari, tetapi kehadiran di LinkedIn adalah keharusan bagi para profesional dari segala usia.

Baca juga: Waktu Yang Tepat Untuk Gunakan Emoji Dalam Email Kantor

Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa 90% manajer perekrutan percaya bahwa media sosial penting dalam menilai calon karyawan. Saat Anda melamar suatu posisi, kemungkinan besar Anda akan bersaing dengan para profesional dengan kehadiran media sosial yang kuat.

Buatlah mudah dibaca

Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan pada resume adalah membuatnya terbaca seperti tesis doktoral tentang fisi termonuklir. Jika manajer perekrutan mengalami kesulitan memahami apa yang Anda coba komunikasikan, mereka akan mengambil jalan yang sulit.

Donald Burns, pelatih karier eksekutif dan penulis resume, menyarankan untuk menggunakan kata, frasa, dan paragraf yang lebih pendek.

Buang email jadul

Jika Anda menggunakan AOL, Hotmail, Yahoo Mail, atau alamat email kuno lainnya di resume Anda, Anda tidak membantu diri sendiri. Akun email ini adalah hadiah mati yang mungkin tidak Anda kuasai secara teknis seperti yang diinginkan calon atasan Anda. Memang, salah satu stereotip tentang pekerja yang lebih tua adalah bahwa mereka kesulitan mengikuti teknologi.

Hal terburuk yang bisa dimasukkan ke resume

Ada satu hal yang harus Anda hindari dengan segala cara. Jangan sertakan telepon rumah dalam dokumen Anda. Kenyataannya adalah sangat sedikit orang yang menggunakan telepon rumah lagi.**(Feb)

Leave a Reply