Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips untuk Kurangi Stres secara Alami (Bagian 2)

Stres. Dok/GRMedCenter

Topcareer.id – Setiap orang mengalami beberapa bentuk stres dalam hidup mereka, baik itu dari pekerjaan, hubungan, keuangan, hingga keluarga. Itu bisa terasa menghabiskan banyak waktu dan mulai memengaruhi kualitas hidup jika kamu tak segera ambil tindakan untuk menguranginya.

Faktanya, menurut National Institute of Mental Health, stres jangka panjang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga kecemasan dan depresi.

Kabar baiknya adalah dengan mengambil langkah-langkah kecil setiap hari untuk melawan stres dan memperkenalkan kebiasaan sehat, kamu dapat mengubah kesehatan mentalmu. Mengutip Your Coffee Break, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk kurangi stres secara alami.

Mulai membuat jurnal

Sementara suplemen dan olahraga adalah pilihan yang bermanfaat untuk mengurangi stres yang ada, membuat jurnal adalah cara yang efektif untuk mengetahui akar stresmu dan mencegah lebih banyak stres. Terkadang menuliskan sesuatu yang menyebabkan kecemasan dapat membantu untuk meletakkannya dalam perspektif.

Aspek penting lain dari penjurnalan adalah menuliskan hal-hal yang kamu syukuri. Dengan mengalihkan fokusmu ke afirmasi positif daripada emosi negatif, kamu dapat mulai melatih otak untuk lebih tahan terhadap situasi stres.

Baca juga: 10 Hal Sepele Yang Memperburuk Gejala Depresi (Bagian 2)

Habiskan waktu bersama keluarga dan teman

Ketika kamu memiliki sesuatu yang mengganggumu atau membuatmu merasa kewalahan, tidak ada yang lebih baik daripada membagikan kepada teman dan keluarga.

Membicarakan sesuatu yang membuat stres seringkali dapat membantumu menemukan resolusi dan merasa bebannya terangkat. Teman dan keluarga adalah sumber terapi bicara gratis, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Mereka adalah orang-orang yang paling mengenalmu, jadi mereka cenderung tahu apa yang harus dikatakan untuk membuatmu merasa didukung.

Jadwalkan ‘Me-Time’

Dengan kehidupan yang sibuk dan jadwal yang semakin menuntut, banyak dari kita lupa untuk menjadwalkan waktu yang hanya didedikasikan untuk apa pun yang membuat kita merasa baik. Ini mungkin berarti meluangkan lebih banyak waktu untuk bersosialisasi, memasak makanan lezat untuk diri sendiri, atau berolahraga.

Seperti apa ‘me-time’ menurutmu, itu memungkinkan kamu untuk bersantai dan melepaskan emosi stres, juga menegaskan kepada diri sendiri bahwa kesehatan mentalmu layak untuk meluangkan waktu.

Menyusun periode waktu tertentu untuk diri sendiri, dan menjadikannya kebiasaan, adalah bagian penting dari perawatan diri; itu memungkinkanmu untuk memeriksa diri sendiri dan benar-benar memperhatikan apa yang menyebabkan kamu stres.**(Feb)

Tinggalkan Balasan