Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Cara Terapis Atasi Stres di Pagi Hari (Bagian 1)

Dok/Hipwee

Topcareer.id – Beberapa pagi mungkin kamu akan bangun dengan pikiran berantakan dan suasana hati yang buruk. Hal itu hanya akan membuatmu ingin kembali menarik selimut. Tapi, tidak apa-apa untuk merasa stres sebelum hari dimulai.

Kita semua memiliki pagi seperti ini dari waktu ke waktu. Bahkan profesional kesehatan mental yang mungkin tampak seperti memiliki semuanya, ternyata tidak kebal terhadap stres.

Melansir laman HuffPost, berikut ini tips dari terapis tentang apa yang mereka lakukan di pagi hari yang penuh tekanan.

1. Latihan membuat jurnal

Jack Turban, seorang rekan di psikiatri anak dan remaja di Stanford University School of Medicine, mengatakan dia memulai hari dengan latihan jurnal untuk mengurangi kecemasan.

“Pertama, saya menulis tugas saya untuk hari itu, yang membantu meringankan kekhawatiran saya tentang melupakan sesuatu. Selanjutnya, saya menuliskan mantra frasa pendek dan positif yang akan saya ulangi sepanjang hari.

Terakhir, saya menambahkan beberapa hal yang saya syukuri dan beberapa hal yang membuat saya bersemangat untuk memulai hari saya dengan catatan positif,” kata dia.

2. Berjalan di luar selama beberapa menit

Menghabiskan waktu di luar ruangan bisa sangat menenangkan dan membangkitkan semangat.

Baca juga: Olahraga 4 Detik Ini Cocok Untuk Kamu Yang Kerja Duduk Seharian

“Ketika saya bangun di pagi hari, saya biasanya mengajak anjing saya jalan-jalan. Kami berjalan bersama selama sekitar 10 hingga 15 menit, yang cukup untuk memulai hari dengan beberapa aktivitas dan dekompresi yang baik,” kata Jessica Gold, asisten profesor psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis.

3. Berkonsentrasi pada saat yang sedang berlangsung dengan melibatkan indra

“Ketika saya bangun dengan stres, saya secara aktif memberi diri saya izin untuk menikmati awal pagi saya tanpa memikirkan apa pun penyebab stres itu,” kata Neha Chaudhary, seorang psikiater anak dan remaja di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Dia menghabiskan setidaknya 10 menit menenangkan pikirannya dan membumikan dirinya pada saat ini.

“Saya fokus pada sensasi yang saya alami dari kopi pagi saya, dari aroma, rasa, hingga kehangatan cangkir di tangan saya. Terkadang, saya juga akan mendengarkan musik yang menenangkan,” kata Chaudhary.

4. Baca atau dengarkan sesuatu yang menginspirasi

Saat kamu bangun tidur, raih sesuatu yang menginspirasimu dan memberimu kegembiraan. Itu bisa berupa membaca bagian-bagian dari buku yang menginspirasi, mendengarkan afirmasi atau mendengar ceramah dari seorang pemimpin yang kamu kagumi.

“Terlibat dalam sesuatu yang positif yang menjadi preseden lebih baik daripada intervensi di tengah stres tengah hari,” kata Riana Elyse Anderson, asisten profesor di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan