Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Cara Terapis Atasi Stres di Pagi Hari (Bagian 2)

Dok/Freepik

Topcareer.id – Beberapa pagi mungkin kamu akan bangun dengan pikiran berantakan dan suasana hati yang buruk. Hal itu hanya akan membuatmu ingin kembali menarik selimut. Tapi, tidak apa-apa untuk merasa stres sebelum hari dimulai.

Kita semua memiliki pagi seperti ini dari waktu ke waktu. Bahkan profesional kesehatan mental yang mungkin tampak seperti memiliki semuanya, tidak kebal terhadap stres.

Melansir laman HuffPost, berikut ini tips dari terapis tentang apa yang mereka lakukan di pagi hari yang penuh tekanan.

5. Merasakan stres itu sendiri untuk sementara waktu

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi dan tidak nyaman, tetapi intinya adalah untuk menormalkan perasaan karena stres itu alami, dan kamu tidak sendirian.

“Saya membutuhkan waktu hingga 10 menit setiap pagi setelah saya bangun untuk merasakan perasaan negatif, berat atau stres yang mungkin saya miliki sebelum hari dimulai,” kata Brittany Johnson, seorang terapis di New Albany, Indiana.

“Saya menggunakan kesadaran untuk memvisualisasikan pikiran dan perasaan saya sebagai kata-kata atau gambar yang saya singkirkan.”

6. Tetapkan batasan segera

“Ketika saya bangun dengan stres, saya fokus untuk menetapkan batasan. Saya akan dengan sengaja menunda untuk membalas email, panggilan telepon, dan SMS sampai saya meluangkan waktu untuk memeriksa diri sendiri dan menumbuhkan ketenangan,” kata Rebecca Leslie, seorang psikolog di Atlanta.

Menegakkan batasan untuk diri sendiri dan belajar untuk beristirahat tanpa rasa bersalah mengurangi stres dan mencegah kelelahan.

Baca juga: 5 Efek Jus Apel Yang Kurang Baik Bagi Tubuh

7. Ambil beberapa napas dalam-dalam

Kristin Meekhof, terapis dan rekan penulis “A Widow’s Guide to Healing,” mengatakan bahwa dia melakukan pernapasan dalam untuk merangkul perawatan diri dan melepaskan stres. Salah satu praktik menenangkan favoritnya disebut “pernapasan lubang hidung alternatif.”

Teknik yang diuraikan di bawah ini, hanya membutuhkan waktu lima menit:

  • Langkah 1: Tekan kedua lubang hidung dengan jari kelingking dan ibu jari dan tahan napas selama empat detik.
  • Langkah 2: Buka lubang hidung kanan dan buang napas selama empat detik.
  • Langkah 3: Tarik napas melalui lubang hidung kanan Anda selama empat detik.
  • Langkah 4: Tutup kedua lubang hidung dan tahan napas selama empat detik.
  • Langkah 5: Buka lubang hidung kiri dan buang napas selama empat detik.
  • Langkah 6: Tarik napas melalui lubang hidung kiri selama empat detik.
  • Langkah 7: Ulangi selama lima menit.

8. Berpelukan (cudling) di tempat tidur

“Sebelum bangun dari tempat tidur dengan tergesa-gesa, tenangkan diri, dan peluk apapun. Baik itu selimut lembut, pasangan, hewan peliharaan, pelukan membantu merilekskan sistem saraf dan mengurangi stres,” kata Katelyn Anderson, terapis dan pendiri Equip Sleeping Co.

Memeluk melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai bahan kimia “merasa baik,” yang membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kebahagiaan, katanya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan