Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pekerjaan Terbaik untuk Pemikir Otak Kiri

Ilustrasi (dok. Rebounds Sports Med)

Topcareer.id – Menurut teori otak kanan vs. otak kiri yang dikembangkan oleh Roger Sperry pada tahun 1981, orang secara alami cenderung menggunakan satu sisi otak mereka lebih dari yang lain.

Faktanya adalah banyak orang mengidentifikasi sebagai pemikir otak kanan atau kiri, dengan orang-orang otak kiri tertarik pada pekerjaan di bidang analitis yang membutuhkan pemrosesan tingkat tinggi dan rutin.

Kecenderungan Pemikir Berotak Kiri

Meskipun belum ada studi komprehensif tentang pemikir otak kiri, ada beberapa karakteristik yang cenderung dimiliki oleh orang yang dominan otak kiri. Misalnya, otak kiri belajar paling baik dengan mendengarkan dan terlibat dalam diskusi.

Meskipun demikian, mereka lebih suka bekerja dengan tenang dan sendirian pada proyek-proyek di mana mereka dapat menyelam lebih dalam dan menganalisis detail. Individu otak kiri juga: Seperti bekerja dengan angka; Berpikir secara logis dan proses ide-ide selangkah demi selangkah dan secara metodis; Lebih suka lingkungan terstruktur; Cenderung menemukan sistem yang berfungsi dan menaatinya.

Pemburu Pekerjaan Otak Kiri

Di atas kertas, individu berotak kiri tampaknya memiliki keuntungan. Mereka mungkin memiliki riwayat pekerjaan (atau riwayat sekolah) yang menunjukkan bakat dan kemampuan alami mereka dengan logika dan penalaran, pemecahan masalah, dan mungkin sebagai pemain tim.

Namun, memiliki resume yang luar biasa hanyalah setengah dari perjuangan. Ada juga wawancara yang harus ditangani, dan di sinilah para pencari kerja yang berotak kiri mungkin mengalami masalah. Salah satu hal utama yang harus kamu lakukan dalam sebuah wawancara adalah menjual dirimu sendiri, dan orang-orang berotak kiri mengalami kesulitan dengan tugas ini.

Baca juga: Pekerja Remote Kurang Berkomitmen Pada Pekerjaan?

Bidang Karier dan Pekerjaan Umum untuk Pemikir Otak Kiri

Pemikir otak kiri cenderung tampil lebih baik dalam pekerjaan yang memiliki struktur dan otoritas. Ini menarik rasa ketertiban dan rasa hormat mereka terhadap hierarki. Mereka adalah perencana logis dan menikmati pekerjaan yang memiliki jadwal, tenggat waktu, dan seperangkat aturan yang spesifik dan terdefinisi dengan baik.

Hukum

Bidang hukum—pengacara, hakim, paralegal—menawarkan banyak pekerjaan bagi para pemikir otak kiri. Sebagian besar pekerjaan melibatkan menafsirkan undang-undang dan peraturan dan menganalisis keputusan pengadilan. Ini, dan aspek lain di lapangan, mengharuskan orang untuk memperhatikan detail dan menganalisis fakta.

Sains

Para ilmuwan merancang eksperimen dan mengembangkan teori untuk membantu menemukan solusi untuk masalah. Tapi, berkat sesuatu yang disebut metode ilmiah, ada aturan, prosedur, dan peraturan ketat yang harus diikuti ilmuwan untuk setiap eksperimen. Seorang ilmuwan akan mengambil data, menganalisisnya, dan menggunakan hasilnya untuk membuktikan atau menyangkal teori mereka.

Rekayasa

Ada banyak jenis insinyur: sipil, struktural, listrik, mekanik, komputer, dan sebagainya. Namun, pekerjaan ini memiliki beberapa tugas yang sama. Insinyur mengawasi dan mengembangkan proyek, memberikan saran teknis, dan biasanya harus mengikuti standar atau prosedur yang diterima pada setiap proyek. Insinyur juga menguji pekerjaan mereka untuk memastikannya berfungsi dengan baik dan aman.**(Feb)

Tinggalkan Balasan