Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Virus Corona Bisa Mengubah Fungsi Sel Pankreas

Foto ilustrasi

Topcareer.id – Ketika virus corona menginfeksi sel, itu tidak hanya mengganggu aktivitas sel tetapi juga dapat mengubah fungsinya, menurut temuan terbaru.

Misalnya, ketika sel beta penghasil insulin di pankreas terinfeksi virus corona, sel tersebut akan memproduksi insulin jauh lebih sedikit dari biasanya.

Selain itu sel tersebut yang terinfeksi juga mulai memproduksi glukosa dan enzim pencernaan yang bukan tugasnya.

“Kami menyebutnya perubahan fungsi sel,” kata pemimpin studi Dr Shuibing Chen menjelaskan dalam presentasinya, Selasa (5/10) pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes.

Tidak jelas apakah perubahan itu bertahan lama, para peneliti mencatat sebelumnya dalam laporan yang diterbitkan dalam Cell Metabolism.

Chen mencatat bahwa beberapa penyintas COVID-19 telah mengembangkan penyakit diabetes tak lama setelah infeksi.

Baca juga: Protein Ini Cegah Penghancuran Sel Rusak oleh Sistem Kekebalan Tubuh

“Sangat penting untuk menyelidiki tingkat pasien diabetes onset baru dalam pandemi COVID-19 ini,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Timnya telah bereksperimen dengan virus corona dalam kelompok sel yang direkayasa untuk membuat organ mini, atau organoid yang menyerupai paru-paru, hati, usus, jantung, dan sistem saraf.

Temuan mereka menunjukkan hilangnya fungsi sel mungkin terjadi di jaringan paru-paru juga, kata Chen, dari Weill Cornell Medicine di New York kepada Reuters.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan