Topcareer.id – Saat kamu sudah mulai merasa tidak cocok dengan pekerjaan sekarang atau sudah mendapat penawaran baru, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk pengunduran diri.
Jika mereka setuju, minta mereka untuk menulis rekomendasi LinkedIn kepada kamu serta minta agar mereka bisa dihubungi melalui email atau telepon.
Apa yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat mengundurkan diri atau setelahnya
Jangan bahas hal negatif
Saat membicarakan pengunduran diri kamu dengan rekan kerja, coba tekankan hal positif dan bicarakan bagaimana perusahaan telah menguntungkanmu.
Meskipun sudah waktunya untuk move on, tidak ada gunanya bersikap negatif pada perusahaan. Toh kamu ingin pergi dengan hubungan baik.
Baca juga: Penyebab Nomor 1 Karyawan Milenial Resign Bukan Karena Gaji, Tapi…
Jangan membual tentang pekerjaan baru
Bahkan jika kamu baru saja mendapatkan pekerjaan terbaik di dunia, jangan menyombongkannya.
Ini hanya akan membuat mantan rekan kerjamu merasa tidak nyaman dan kamu jadi terkesan sombong.
Maka yang terbaik adalah jangan pernah membual tentang pekerjaan dan perusahaan baru tempat kamu nantinya bekerja.
Jangan curhat hal negatif dalam file tulisan
Terlepas dari seberapa besar kamu membenci pekerjaan atau membenci atasan, atau membenci perusahaanmu, jangan pernah katakan itu bahkan melalui file tulisan sekalipun.
Bahkan jika berhenti adalah langkah karier terbaik yang telah kamu lakukan sampai saat ini, simpanlah semua hal untuk diri kamu sendiri.
Yang terbaik adalah berhati-hati dengan kata-kata kamu. Tinjau apa saja hal yang tidak boleh dikatakan saat mengundurkan diri.
Nah, itu tadi beberapa hal yang sebaiknya dan tidak kamu lakukan ketika kamu akan mengundurkan diri dari pekerjaan.
Satu hal baik lagi yang bisa kamu tambahkan adalah, jangan lupa ucapkan selamat tinggal sebelum kamu pergi.
Mengirim email pesan perpisahan juga bisa kamu lakukan, sertakan juga informasi kontakmu agar kamu tetap bisa terhubung.**(Feb)