Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Juli 2, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Buang-Buang Waktu Kerjamu (Bagian 1)

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Ketika kamu terganggu di tempat kerja, kamu kehilangan fokus yang berharga. Gangguan bisa datang dari mana saja. Namun seringkali, gangguan ini berasal dari kebiasaan ceroboh yang menyabotase produktivitasmu dan secara naluriah hal itu kamu ulangi.

Langkah pertama untuk menghentikan kebiasaan adalah mengidentifikasinya. Melansir HuffPost, berikut adalah beberapa kebiasaan ceroboh yang paling umum yang mengganggu produktivitasmu sehingga harus diperhatikan:

1. Kamu terus-menerus memeriksa smartphonemu ketika ada jeda

“Begitu banyak klien saya bersalah karena duduk di meja mereka dan meletakkan telepon (pribadi) mereka tepat di sebelah mereka,” kata pelatih manajemen waktu Anna Dearmon Kornick.

Dan jika halaman web terlalu lama untuk dimuat atau mereka memiliki beberapa detik di mana mereka diam, mereka memiliki paksaan untuk meraih ponsel mereka dan masuk ke mode autopilot di mana kamu mengetuk-ketuk ke aplikasi yang paling banyak kamu gunakan. Dibanding terus-menerus kehilangan waktu untuk media sosial, Kornick menyarankanmu menjadwalkan “scrolling time”.

2. Kamu melakukan tugas-tugas yang tidak terkait yang “hanya membutuhkan waktu satu detik”

Satu detik kamu rajin mengerjakan tugas, dan selanjutnya kamu berbelanja online, menuliskan daftar belanjaan, meminta reservasi makan malam, dan melupakan apa pun yang seharusnya kamu lakukan.

“Kita memiliki kebiasaan tanpa berpikir untuk melakukan apa pun yang muncul di kepala kita, karena kita tidak ingin melupakannya. Kita mengatakan pada diri sendiri bahwa itu hanya akan memakan waktu sedetik, tetapi kemudian satu hal mengarah ke yang berikutnya,” kata Kornick.

Baca juga: Kesalahan Terbesar Yang Dapat Kamu Lakukan Saat Berburu Kerjaan

Kornick merekomendasikan untuk membuat “daftar hal-hal yang mengkilap” dari tugas-tugas di luar pekerjaan untuk menjaga potongan waktu kerjamu tidak terganggu dan untuk mencari tahu apa yang dapat kamu delegasikan, tunda, atau tangani nanti.

3. Kamu membuka terlalu banyak tab di browser

Adam Stiles, sebelumnya menjelaskan kepada HuffPost bahwa sebagian dari kita tidak dapat menangani kebebasan tab tanpa batas: “Penemuan ini memberikan kebebasan kepada orang-orang. Mungkin itu memberi beberapa orang terlalu banyak kebebasan.”

Jika kamu menemukan 20 tab terbuka membuat stres dan mengganggu, gunakan pengatur tab seperti One Tab yang mengubah semua tabmu menjadi daftar, atau pengelola latar belakang seperti Tab Auto Close dan Tab Wrangler yang secara otomatis menutup tab setelah terlalu banyak tidak aktif.

4. Kamu secara impulsif memeriksa Slack dan platform obrolan kerja lainnya

Memeriksa obrolan kantor sepanjang hari adalah normal, tetapi jika kamu mendapati dirimu secara kompulsif merefresh atau memeriksa obrolanmu dan segera menangani setiap pesan yang datang, kamu mungkin terjebak dalam kebiasaan umum yang tidak masuk akal.

“Mirip dengan pesan teks, dorongan berkembang untuk melihat pembaruan yang masuk, dan kebiasaan berulang itu dapat mengganggu fokus secara besar-besaran, serta menyebabkan otak tercerai-berai,” kata pelatih kehidupan Shanita Liu.**(RW)

Tinggalkan Balasan