Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Keseringan Main HP dan Laptop Bikin Sakit Leher? Ini Solusinya (Bagian 1)

Dok/Shape

Topcareer.id – Di era digital ini, kamu menggunakan laptop untuk bekerja hingga rapat virtual, kamu juga menggunakan smartphonemu untuk cek email sampai sosial media. Bisa dikatakan lehermu menanggung beban dari semua aktivitas itu.

Ternyata rasa sakit, nyeri dan ketegangan yang Anda rasakan di lehermu memiliki istilah: tech neck. Pada kenyataannya, apapun yang menyebabkan lehermu terus menunduk ke depan (seperti posisi membaca buku) apapun bisa menjadi penyebabnya.

Namun, jenis nyeri leher ini (tech neck) biasanya berasal dari postur tubuh yang tidak normal akibat penggunaan perangkat elektronik dalam frekuensi tinggi dan jangka waktu yang lama. Melansir HuffPost, berikut cara untuk mengurangi (dan mencegah) rasa sakit yang terkait dengan tech neck.

1. Ambil jeda melongok gadget

Sering beristirahat dari perangkat elektronikmu sangat penting untuk meminimalkan risiko mengalami penyakit. Kenakan pelacak aktivitas untuk menjaga dirimu tetap terkendali, atur alarm di ponsel untuk mengingatkan diri sendiri bahwa ini adalah waktu istirahat atau, seperti yang direkomendasikan oleh chiropractor Blessen Abraham yang berbasis di New Jersey, gunakan panggilan telepon 20 menit itu sebagai kesempatan untuk menjauh dari meja dan mendapatkan udara segar.

2. Lakukan chin tucks exercise dua kali sehari

Latihan lipatan dagu adalah cara yang cepat dan mudah untuk meredakan tech neck — dan sesuatu yang dapat kamu lakukan sambil duduk di meja.

Ronald Tolchin, direktur medis di Pusat Tulang Belakang Miami Neuroscience Institute Baptist Health, mengatakan bahwa kamu harus duduk di kursi tinggi dan menjaga dagumu sejajar dengan lantai. Lakukan ini dua kali sehari setiap hari untuk memperkuat otot leher dan mendorong postur yang baik.

3. Tinggikan tempat kerja

Membungkukkan kepala ke depan saat menggunakan ponsel, tablet, atau laptop menyebabkan tekanan yang tidak semestinya pada otot.

Baca juga: Ketahui Jenis Otakmu Dan Pahami Cara Tingkatkan Fungsinya

Dengan membawa layar setinggi mata — versus menurunkan ketinggian mata ke perangkat — kamu dapat menjaga leher lebih sejajar dan mencegahnya tertekuk ke depan. Cobalah meninggikan tempat kerjamu dengan penambah monitor, baki laptop, atau meja berdiri (bahkan konverter meja berdiri dapat membantu semua jenis rasa sakit, termasuk di lehermu).

4. Sesuaikan cara dudukmu

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau laptop, penyesuaian sederhana pada posisi duduk dapat membuat semua perbedaan. “Setelah monitormu sejajar dengan mata, itu akan (secara otomatis) membantumu duduk dengan punggung tegak,” kata James Lin, ahli bedah tulang belakang ortopedi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

Kursi ergonomis dan perawatan pinggang dapat membantu memastikan punggung dan lehermu tetap dalam posisi netral sepanjang hari. Kamu dapat membeli kursi kantor dengan penyangga bawaan.

5. Gunakan es kompres untuk nyeri awal, lalu alihkan ke kompres panas

Tech neck dapat muncul sebagai apa saja mulai dari rasa sakit yang tajam dan menusuk hingga sakit yang membuat frustrasi. Tapi, paket kompres es dapat menawarkan bantuan yang sangat dibutuhkan. Kompres es yang dioleskan ke bagian belakang leher bisa menjadi analgesik yang berguna dalam 48 hingga 72 jam pertama untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, kata Tolchin.

Setelah itu, atasi rasa sakit yang tersisa dengan beralih ke panas lembab, baik dengan melilitkan handuk hangat di leher atau dengan menggunakan paket panas microwave selama 10 hingga 15 menit setiap tiga hingga empat jam.**(Feb)

Tinggalkan Balasan