Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Jenis-Jenis Kayu Terbaik untuk Kontruksi Rumah (Bagian 1)

Dok/Dekoruma

Topcareer.id – Buat kalian yang sedang membangun atau merenovasi rumah dan ingin mencari material kayu terbaik dan awet, kenali dulu beberapa jenis kayu yang cocok untuk konstruksi rumah.

Sejak jaman dahulu, kayu sudah menjadi material pilihan untuk konstruksi rumah. Jadi jangan heran kalau sampai sekarang masih digunakan sebagai bagian dari suatu bangunan rumah.

Tak hanya cocok untuk rangka rumah, kalian pasti tahu bahwa kayu juga digunakan sebagai kusen, batang jendela, hingga penyangga kaca. Bahkan, ada rumah dengan lantai yang menggunakan kayu lho.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis kayu berkualitas dari Indonesia, yang bisa kita gunakan untuk merenovasi atau membangun rumah.

Bagian pertama dari artikel

1) Kayu Gaharu
Ini merupakan termasuk jenis kayu yang terbaik di Indonesia dan juga salah satu jenis kayu termahal di dunia!

Tingkat ketahanannya tinggi, materialnya kuat, kokoh, serta tahan lama.

Kayu gaharu berkualitas berasal dari hutan di Pulau Kalimantan. Warna kayunya kehitaman dengan resin yang memiliki aroma khas.

Jenis kayu ini cocok untuk dijadikan material bangunan seperti rangka rumah, namun bisa juga dijadikan perabotan.

Baca juga: Asa Penjual Mainan Kayu Kalibata Ditengah Maraknya Game Online

2) Kayu Kamper
Aroma kayu ini cukup unik, berbeda dari aroma kayu-kayu yang lainnya, mungkin itu sebabnya sehingga dinamakan kayu kamper.

Aroma khas kayu kamper bisa membuatnya terhindar dari serangan serangga, memiliki berat lebih ringan daripada kayu jati namun tetap memiliki tingkat kekuatan yang cukup baik.

Tekstur dari serat kayu kamper ini halus dan terlihat sangat indah. Kayu ini ideal digunakan untuk membuat pintu dan jendela.

Harganya relatif murah, tapi enggak kalah kuat dengan kayu jati. Jadi bagi kalian yang memiliki anggaran terbatas dalam membangun atau merenovasi rumah, kayu ini bisa dijadikan pilihan.

3) Kayu Merbau
Selain memiliki tekstur cukup keras dan stabil, harga kayu Merbau juga lebih murah daripada kayu jati.

Jika kalian ingin mendapatkan kayu yang kuat tapi anggaran terbatas, kayu merbau bisa jadi solusi nih.

Kayu ini ideal untuk penyangga dan tiang atap rumah.

Pertanyaannya, seberapa kuat sih kayu ini, kok bisa menggantikan kayu jati? Kayu ini bisa membuat mata gergaji patah lho jika tidak berhati-hati dalam mengerjakannya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan