Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juli 7, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Jenis-Jenis Kayu Terbaik untuk Kontruksi Rumah (Bagian 2)

Dok/Courtina

Topcareer.id – Buat kalian yang sedang membangun atau merenovasi rumah dan ingin mencari material kayu terbaik dan awet, kenali dulu beberapa jenis kayu yang cocok untuk konstruksi rumah.

Sejak jaman dahulu, kayu sudah menjadi material pilihan untuk konstruksi rumah. Jadi jangan heran kalau sampai sekarang masih digunakan sebagai bagian dari suatu bangunan rumah.

Tak hanya cocok untuk rangka rumah, kalian pasti tahu bahwa kayu juga digunakan sebagai kusen, batang jendela, hingga penyangga kaca. Bahkan, ada rumah dengan lantai yang menggunakan kayu lho.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis kayu berkualitas dari Indonesia, yang bisa kita gunakan untuk merenovasi atau membangun rumah.

Bagian akhir dari artikel

4) Kayu Meranti Merah
Kayu ini cocok untuk material bangunan karena strukturnya cukup keras dan tidak mudah memuai atau menyusut oleh perubahan suhu.

Idealnya kayu ini digunakan untuk membuat rangka atap, parket lantai, railing tangga, kusen pintu atau jendela, dan alas lantai rumah.

5) Kayu Bengkirai
Kekuatan kayu ini hampir sama dengan kayu jati! Wajar kayu ini jadi pilihan salah satu kayu terbaik di Indonesia untuk rumah.

Sifatnya sudah jelas, kayu ini kuat dan tahan lama. Kayu ini juga tahan segala macam cuaca, jadi sangat ideal untuk digunakan sebagai eskterior rumah.

Kayu ini sering digunakan sebagai material konstruksi berat, seperti rangka atap, decking, hingga pagar rumah.

Baca juga: Asa Penjual Mainan Kayu Kalibata Ditengah Maraknya Game Online

6) Kayu Kelapa
Kita semua tahu bahwa pohon kelapa sejak masih tunasnya saja sudah memiliki banyak manfaat, pastinya kayu pohon kelapa juga bermanfaat.

Kayu pohon kelapa jika ingin digunakan untuk material konstruksi rumah, harus yang sudah berumur 60 tahun ke atas, yang sudah tidak menghasilkan buah kelapa lagi.

Kelebihannya kayu kelapa mudah dijadikan sebagai balok kayu dan ideal untuk tiang penyangga atap rumah.

Kelebihan lainnya dari kayu kelapa, kayu ini memiliki tampilan yang cukup estetik dan menarik serta membuat rumah tampil lebih unik.

7) Kayu Jati
Nah, ini dia sang juaranya sebagai kayu terbaik di Indonesia! Kalian pasti tahu kayu jati terkenal akan keindahan, kekuatan, dan kestabilannya.

Kayu jati juga sudah pasti sangat cocok digunakan untuk membangun rumah.

Ketahanannya terhadap jamur, rayap, dan serangga, hingga tetap stabil dan kuat menghadapi perubahan cuaca, bahkan kekuatannya menghadapi bahan kimia menjadikannya kayu ini jenis paling berkualitas.

Jelas kelebihan dari kayu jati pastinya dapat membuat hunian rumah jadi lebih kuat, awet dan tahan lama.

Beberapa kualitas tersebut telah membuat kayu ini menjadi primadona di antara material kayu lainnya, dan tentunya membuat kayu ini memiliki harga termahal di antara kayu lainnya.**(Feb) 

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan