Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Tips Jawab Pertanyaan “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Ini?”

Topcareer.id – Pertanyaan seperti “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?” mungkin adalah pertanyaan umum yang ditanyakan saat wawancara kerja. Tapi, kamu perlu mempersiapkan jawaban apa yang tepat akan pertanyaan itu.

Jika pertanyaan terkait dengan kemampuan dan keterampilan, kamu mungkin hapal jawaban apa yang akan kamu keluarkan. Tapi, pertanyaan “Mengapa perusahaan ini?” bukan mengoceh soal kualifikasimu. Melansir The Muse, berikut 4 hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjawab pertanyaan ini.

1. Mengakui Keunikan Perusahaan

Kunci untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik adalah menjadi spesifik. Jika kamu dapat memberikan jawaban yang sama kepada perusahaan lain, maka jelas kamu tidak cukup detail. Dengan kata lain, jawabanmu harus unik untuk setiap tempat yang kamu wawancarai—tidak ada pernyataan umum tentang “bekerja dengan orang-orang berbakat” atau “dampak global.”

Jika kamu ingin mengikuti rute budaya, bicarakan aspek-aspek persisnya apa yang kamu sukai. Sebutkan bagaimana kamu berkembang dalam lingkungan yang berfokus pada tujuan dan bahwa tradisi tim dalam menetapkan tujuan mingguan, bukan tujuan tahunan, sangat menarik.

2. Kembali ke Sejarah Awal

Menunjukkan bahwa kamu tahu banyak tentang perusahaan selalu mengesankan, tetapi terkadang itu tidak selalu memungkinkan. Jika mencari tahu lebih banyak tentang tempat itu ternyata lebih menantang dari yang diharapkan, coba ceritakan bagaimana kamu pertama kali mendengarnya.

Baca juga: Kirim Lowongan Kerja Via Email? Perhatikan 3 Hal Ini

Jangan terlalu bertele-tele, tentu saja. Tujuanmu di sini adalah untuk menunjukkan bahwa kamu sadar dan tertarik pada perusahaan bahkan sebelum kamu memiliki kesempatan untuk melamar. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membagikan evolusi perusahaan yang kamu lamar. Bicarakan tentang bagaimana kamu melihatnya tumbuh, berubah, dan beradaptasi dengan minat.

3. Berpikir ke Depan

Selain menyelami sejarah, pertimbangkan juga untuk sedikit berpikir ke depan. Mampu berbicara tentang area perusahaan yang menurutmu memiliki peluang untuk tumbuh dan menunjukkan kegembiraanmu tentang berkontribusi pada pertumbuhan itu adalah cara terbaik untuk mendekati pertanyaan ini.

Pemikiran ke depan ini menunjukkan bahwa kamu tidak hanya cukup berinvestasi untuk memikirkan masa depan perusahaan, kamu juga memiliki beberapa gagasan tentang bagaimana terus mendorong kesuksesannya yang berkelanjutan.

4. Tawarkan Sentuhan Pribadi

Jika semuanya gagal, kamu selalu dapat mengandalkan ini: Bersikap pribadi. Mungkin sulit untuk berbicara tentang apa yang membuat perusahaan istimewa sebagai orang luar, tetapi satu hal yang dapat kamu andalkan untuk menjadi unik adalah orang-orangnya.

Mungkin kamu memiliki teman yang bekerja di perusahaan tersebut. Kamu dapat berbicara tentang betapa terkesannya kamu dengan pengalaman mereka—ingatlah untuk lebih spesifik. Dan bahkan jika kamu tidak memiliki kontak internal, hanya diundang ke wawancara berarti kamu telah berinteraksi dengan beberapa karyawan.**(Feb)

Tinggalkan Balasan