Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Tanda Kamu Alami Gangguan Tidur

rutinitas pagiTerbangun dari tidur. Dok/WebMD

Topcareer.id – Setiap orang saat ini cenderung memiliki gangguang tidur, bisa apa saja bentuknya. Tetapi, jika kurang tidur ini jadi masalah yang berkelanjutan, kamu mungkin memerlukan bantuan untuk bisa menikmati istirahat malam yang baik.

Kamu perlu perhatikan tanda-tanda peringatan ini, karena bisa jadi kamu sedang berjuang dengan gangguan tidur, berdasar laman Health.

1. Kamu terus merasa lelah

Masalahnya: Kamu tidur selama delapan jam dan masih bangun dengan rasa pusing dan tidak segar. Selama siklus tidur normal, tubuh bergantian antara deep sleep dan light sleep yang seharusnya membuatmu merasa terjaga dan waspada.

Jika kamu masih mengantuk setelah semalaman di tempat tidur, kemungkinan ada sesuatu yang terjadi untuk mencegah tubuh dan otakmu memasuki tingkat tidur yang nyenyak dan memulihkan itu.

2. Mendengkur

Pasanganmu mengatakan kamu mendengkur atau berhenti bernapas di tempat tidur. Mendengkur mungkin tidak berbahaya, tetapi juga bisa menjadi tanda peringatan untuk sleep apnea—kondisi berbahaya di mana jalan napasmu menjadi terhambat dan kamu berhenti bernapas dalam tidurmu.

Baca juga: Apakah Chicken Nugget Baik Untuk Kesehatan? Ini Kata Nutrisionis

3. Kamu tidur saat aktivitas sehari-hari

Kamu tertidur selama aktivitas sehari-hari seperti membaca atau mengemudi. Adalah normal untuk merasa lelah setelah berguling-guling di malam hari, tetapi ketika kamu mulai mengalami kantuk yang berlebihan di siang hari—tidur di tempat kerja atau di belakang kemudi, misalnya—inilah saatnya untuk mempertimbangkan apakah kamu cukup tidur, dan apakah kamu mungkin mengalami gangguan tidur.

4. Susah tidur setidaknya selama satu bulan

Ini mungkin tampak jelas, tetapi orang yang menderita insomnia sering tidak mencari bantuan dari dokter mereka; mereka berasumsi bahwa mereka memang ditakdirkan seperti itu atau bahwa masalahnya akan hilang dengan sendirinya.

Tetapi jika masalah tidur menjadi kronis—artinya otak melatih dirinya sendiri untuk tidak tidur pada waktu yang seharusnya—kamu mungkin memerlukan pengobatan atau terapi untuk kembali ke jalur yang benar.

5. Kondisi kesehatan kronis

Kamu menderita kondisi kesehatan kronis lain atau mengalami gejala misterius yang membuatmu tetap terjaga. Masuk akal bahwa orang yang berurusan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti depresi, sakit, atau sakit kronis, akan lebih sulit tidur nyenyak.

Dan beberapa kondisi, seperti ‘Sindrom kaki gelisah’, menunjukkan gejala terburuk mereka di malam hari. Karena masalah ini dapat berlanjut satu sama lain, penting untuk tidak menganggap remeh kesulitan tidurmu dan berbicara dengan doktermu.

Tinggalkan Balasan