Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Mei 20, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Tips Networking untuk Pencari Kerja (Bagian 1)

Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa laki-laki lebih sering dianggap lebih brilian daripada perempuan.Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Koneksi seperti solusi terbaik dalam mencari kerja. Dalam masalah mencari pekerjaan, koneksi industri sering terbukti sama pentingnya dengan keterampilan praktis dan pengalaman kerja yang kamu miliki, jika tidak lebih dari itu.

Mahasiswa, dan pendatang baru lainnya di bidang pilihan mereka dapat dan harus menggunakan acara jejaring dan pameran pekerjaan untuk bertemu dengan pemain industri utama yang dapat menempatkan mereka di jalur menuju pekerjaan.

Dalam Business News Daily, Kevin Roach, seorang ahli perekrutan dan profesor bisnis di Texas A&M University, dan Lisa Burton, seorang koordinator karir di Texas A&M Career Center, menawarkan tujuh tips bagi pencari kerja untuk memanfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya dalam membangun koneksi.

1. Kerjakan pekerjaan rumahmu

Acara networking mungkin dihadiri oleh lusinan perekrut perusahaan. Daripada mencoba menemui perekrut sebanyak mungkin, cari tahu terlebih dahulu perusahaan mana yang akan diwakili dan pilih lima yang paling relevan dengan pencarian kariermu.

“Teliti perusahaan-perusahaan itu sehingga komentar dan pertanyaanmu terinformasikan. Kamu harus terarah. Jangan masuk ke ruangan tanpa rencana,” kata Roach.

Baca juga: Tips Jadi Yang Terdepan Di Dunia Kerja

2. Temukan koneksi

Ingatlah bahwa acara ini adalah pengaturan sosial, bukan wawancara formal. Ini bukan hanya tentang mengumpulkan kartu nama dan membagikan resume; ini tentang membuat percakapan dengan orang-orang dan menemukan koneksi sehingga mereka mengingatmu nanti. Cari tahu kesamaanmu dan mengobrol tentang kehidupan dan latar belakangmu.

3. Ceritakan kisahmu

Salah satu cara yang bagus untuk mencap dirimu sebagai karyawan yang layak selama acara networking adalah dengan bercerita. Roach menyarankan, pilih tiga cerita bagus dari kehidupanmu, pribadi atau terkait pekerjaan, dan bagikan apa yang kamu pelajari dari pengalaman tersebut. Sebuah cerita yang bagus dapat menggambarkan berbagai aspek positif tentangmu sebagai pribadi dan sebagai calon karyawan.

“Ketika seorang siswa mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan, itu jarang karena IPK mereka. Itu tergantung pada kemampuan mereka untuk membuat hubungan itu dengan orang-orang, menampilkan diri mereka dalam cahaya terbaik, dan menunjukkan apa yang membuat mereka istimewa,” tambah Burton.**(Feb)

Tinggalkan Balasan