Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Bingung Karier Apa di Jurusan Komunikasi? Ini 9 Opsi Peluang Kerjanya (Bagian 2)

cropped-freelance-disadvantage.jpg

Topcareer.id – Pilihan paling mudah untuk mereka yang mampu memengaruhi orang, menghibur, dan tahu menciptakan konten media yang baik, adalah masuk dalam jurusan komunikasi. Jurusan ini mencakup banyak disiplin ilmu termasuk periklanan, pemasaran, hubungan masyarakat, jurnalisme, penyiaran, media, dan film.

Mengutip The Balance Careers, jurusan komunikasi belajar bagaimana menilai kebutuhan dan preferensi pembaca, pemirsa, dan pendengar. Mereka memiliki kreativitas untuk merancang strategi inovatif untuk menyampaikan pesan mereka.

Jika sudah terjun dalam jurusan ilmu komunikasi, tapi masih bingung arah pekerjaannya, berikut ini beberapa peluang kerja terbaik untuk jurusan komunikasi.

5. Spesialis Sumber Daya Manusia (SDM/HR)

Profesional sumber daya manusia bertanggung jawab atas fungsi komunikasi intensif dalam organisasi termasuk merekrut staf, mengorientasikan karyawan baru, mengembangkan program pelatihan, menyampaikan kebijakan kepada staf, mendidik karyawan tentang manfaat.

Staf SDM menggunakan keterampilan berbicara di depan umum untuk menyampaikan presentasi kepada staf saat ini/calon, dan keterampilan menulis untuk membuat manual karyawan, menyusun konten web, dan menghasilkan literatur rekrutmen.

6. Reporter bisnis

Maraknya media keuangan dan bisnis membuka peluang bagi jurusan komunikasi yang memiliki minat di bidang bisnis. Reporter bisnis memanfaatkan keterampilan menulis jurnalistik untuk meliput perkembangan dalam bisnis, industri, dan ekonomi secara umum untuk situs web, stasiun televisi.

Untuk meliput berita, reporter bisnis menggunakan keterampilan interpersonal yang dikembangkan oleh jurusan komunikasi untuk membina hubungan dengan orang dalam bisnis. Mereka harus memiliki kemampuan persuasif untuk meyakinkan editor tentang kelayakan ide mereka untuk artikel.

Baca juga: Coba Tingkatkan Mood Kerja Di Rumah Dengan Baju Warna Ini

7. Pendidik kesehatan

Pendidik kesehatan menilai masalah dan kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan dari populasi sasaran, dan merumuskan program untuk mengatasi masalah tersebut. Komponen kunci dari pekerjaan mereka adalah memahami sikap dan persepsi audiens penting mereka mengenai masalah kesehatan.

Mereka harus mengembangkan dan mempresentasikan lokakarya dan seminar yang ditujukan untuk audiens mereka. Pendidik kesehatan menghasilkan konten web dan literatur yang akan menarik bagi audiens penting mereka.

8. Manajer brand

Manajer brand mengawasi posisi produk dan layanan dalam kesadaran publik. Mereka menganalisis reaksi konsumen terhadap produk mereka berdasarkan faktor-faktor seperti harga, pengalaman konsumen, kemasan, dan aksesibilitas.

Manajer brand mengawasi pengembangan kampanye intensif komunikasi termasuk periklanan, promosi, dan hubungan masyarakat untuk meningkatkan penjualan.

9. Sales representative

Sebagian besar jurusan komunikasi tidak akan memikirkan penjualan sebagai karier akhir ketika mereka masuk perguruan tinggi. Namun, mereka akan belajar banyak keterampilan sambil mempelajari komunikasi yang dapat mengarah pada karier yang sukses dan menguntungkan dalam penjualan.

Jurusan komunikasi belajar menilai preferensi audiens seperti halnya seorang tenaga penjualan harus mampu mengantisipasi kebutuhan pelanggannya.

Tinggalkan Balasan