Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, November 28, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Mau Portofolio Digital Kamu Terlihat Keren? Ini Tipsnya

CV. Dok/Spamweed.comCV. Dok/Spamweed.com

Topcareer.id – Baik kamu sudah bekerja atau sedang berjuang untuk menjadi seorang desainer grafis, desainer UX, copywriter, profesional pemasaran, fotografer, atau kreatif lainnya yang berprestasi, kamu memerlukan portofolio digital yang hebat.

Portofolio digital kamu harus secara efektif menunjukkan keahlianmu dan mudah ditemukan atau dibagikan dengan pemberi kerja.

Tapi untuk menjadi menonjol lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun kamu jangan menyerah dan teruslah berikan yang terbaik.

Bagaimana kamu bisa meningkatkan peluang bahwa portofolio digitalmu akan menarik perhatian manajer perekrutan, berikut ini tipsnya.

Pilih sampel terhebat kamu
Kamu mungkin tergoda untuk membuang banyak pilihan sampel ke dalam portofolio digital. Tapi jangan sampai kamu jadi hanya sedikit memamerkan sampel yang kamu miliki.

Setidaknya pilih tujuh sampai 10 sampel yang benar-benar karya terbaikmu dan sampel tersebut harus menunjukkan keahlianmu.

Faktanya, penelitian menemukan delapan sampel adalah sweet spot. Tidak teralu banyak dan juga tidak terlalu sedikit.

Sertakan informasi keterangan rinci
Deskripsi yang ditulis dengan baik dan menarik dari setiap sampel menambahkan konteks penting tentang kontribusi kamu terhadap pekerjaan dan proses kreatifmu.

Soroti juga hasil positif yang terkait dengan sampel. Misalnya, apakah itu membantu meningkatkan penjualan atau meningkatkan lalu lintas website online?

Atau apakah karya tersebut memenangkan penghargaan atau menerima liputan di media? Iklankan seberapa baik itu diterima dan seberapa efektif itu.

Fokus pada pengalaman pengguna
Jangan memaksa manajer perekrutan untuk menghabiskan banyak waktu mengklik dan menggulir saat melihat sampel yang kamu punya.

Sajikan sampel yang kamu berikan dengan tampilan yang bersih daripada tampil berantakan.

Uji coba portofolio digital
Karena Anda ingin calon pemberi kerja atau klien mendapatkan pengalaman yang mudah dan menyenangkan saat meninjau pekerjaanmu, ujilah portofolio online kamu sebelum membagikannya.

Pastikan tampilannya mudah ditampilkan di setiap versi dari setiap browser di setiap platform.

Baca juga: Pentingkah Memiliki Portofolio? Ini Benefitnya

Pamerkan gaya kreatif unik
Perusahaan dan manajer perekrutan ingin mengetahui siapa kamu.

Salah satu cara untuk memamerkan gaya kreatif kamu tanpa berlebihan adalah dengan mencocokkan desain portofolio digital kamu dengan personal branding kamu.

Pastikan elemen yang kamu gunakan konsisten dengan tampilan dan nuansa materi pencarian kerja kamu yang lain, seperti situs web dan resume kamu.

Post di LinkedIn
Banyak manajer perekrutan mencari LinkedIn di awal proses perekrutan mereka. Manfaatkan ini dengan menempatkan portofolio digital kamu di depan dan di tengah halaman profil kamu.

Ini dapat segera membuatmu lebih menonjol dari kandidat potensial lainnya.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan