Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, September 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Segala Hal yang Perlu Diketahui Tentang COO

Ilustrasi Chief Technology Officer (CTO).

Topcareer.id – Panggilan CEO saat ini mungkin lebih akrab di telinga, daripada COO (Chief Operating Officer). Peran COO dalam sebuah perusahaan atau organisasi, tak kalah penting dengan CEO. Banyak pekerjaan yang dilakukan seorang COO.

Apa itu Chief Operating Officer?

Jadi, apa sebenarnya COO itu? Melansir laman Ladders, COO bertindak sebagai orang kedua dalam komando di sebuah perusahaan dan melapor langsung kepada Chief Executive Officer atau CEO. Seringkali, peran mereka bekerja bersama, terutama di tempat kerja startup atau teknologi.

Mereka sering disebut sebagai COO, Wakil Presiden Operasi, Direktur Operasi, dan Wakil Presiden Eksekutif Operasi. Mereka bekerja bersama anggota c-suite selain CEO, seperti Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Marketing Officer (CMO).

Apa yang dilakukan Chief Operating Officer?

Semua eksekutif c-suite membantu menciptakan tujuan yang perlu dipenuhi organisasi, dan mengidentifikasi poin-poin penting yang akan membantu mendorong tujuan tersebut. Peran COO adalah untuk memastikan visi terpenuhi dengan mengelola tim untuk bekerja menuju tujuan mereka.

Mereka ditugaskan secara khusus dengan fungsi operasional dan administrasi di seluruh perusahaan. Seringkali, mereka mengawasi pekerjaan harian para eksekutif di semua disiplin ilmu, termasuk keuangan, penjualan, pemasaran, dan IT.
COO ini juga membantu memimpin paket dalam menemukan solusi bisnis untuk merampingkan pekerjaan dengan lebih baik.

Baca juga: Kapan Perusahaan Sebaiknya Merekrut Karyawan Tetap?

COO sering bergabung di perusahaan dengan sedikit pengalaman bisnis dan telah membantu menunjukkan pertumbuhan dan hasil yang nyata bagi perusahaan lain.

Kamu akan menemukan banyak pengusaha terjun untuk berkonsultasi dan membantu di perusahaan setelah mengalami beberapa tingkat keberhasilan yang nyata. Mereka selalu update informasi apapun untuk pengembangan, ekspansi, dan peluang akuisisi perusahaan dan sangat berpikiran bisnis serta berorientasi pada tujuan.

Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi Chief Operating Officer?

Chief Operating Officer benar-benar seperti kepala operasi untuk perusahaan, jadi mereka harus bisa memperhatikan detail tapi juga harus bisa melihat gambaran besar. Keterampilan kepemimpinan mereka harus menjadi yang terbaik, suatu keharusan di antara semua eksekutif c-suite.

Memiliki kemampuan untuk menjadi penghubung antara CEO dan departemen lain di perusahaan adalah peran pekerjaan utama, sehingga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan efisien dengan berbagai audiens adalah suatu keharusan.

Untuk membantu menghindari birokrasi tempat kerja dan membantu merampingkan tujuan, rasa empati — terutama di antara eksekutif c-suite yang menyangkut karyawan mereka — tidak dapat dinegosiasikan.

Tinggalkan Balasan