Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Pertanyaan untuk Identifikasi Keterampilan

Kembali bekerja setelah berlibur.

Topcareer.id – Saat kamu merasa perjalanan karier kamu cukup stagnan, ini saatnya untuk mengevaluasi kembali arah karier kamu dengan meningkatkan keterampilan.

Menerapkan tindakan nyata untuk meningkatkan keterampilan diri akan memastikan kamu memmiliki keterampilan yang relevan untuk memanfaatkan setiap peluang.

Menambah keterampilan juga memungkinkan kamu untuk mengambil langkah lebih lanjut pada lintasan karier secara keseluruhan.

Berikut ini ada lima pertanyaan yang bisa kamu tanyakan pada dirimu sendiri untuk membantumu mengidentifikasi area mana yang paling relevan untuk peningkatan keterampilan:

1) Apa yang menarik untuk saya pelajari lebih lanjut?
Memulai bisa menjadi bagian terberat dari perjalanan apa pun, jadi ada baiknya memulai dengan sesuatu yang selalu kamu minati.

Mungkin kamu seorang profesional HRD dengan minat yang kuat dalam hal coding tetapi tidak pernah memiliki kesempatan untuk mempelajarinya.

Atau kamu mungkin tertarik untuk berbicara di depan umum meskipun pekerjaanmu tidak mengharuskan kamu melakukannya.

Buat daftar semua bidang yang kamu minati dan lakukan pencarian online untuk menemukan sumber daya yang dapat kamu manfaatkan.

Mulailah dengan mengikuti kursus, lokakarya, webinar, atau podcast. Semua ini tidak harus berhubungan langsung dengan pekerjaanmu.

Kamu tidak akan pernah tahu kapan keterampilan profesional tambahan ini akan berguna bagi kamu di masa depan.

2) Apa yang akan membuat saya bersinar di tempat kerja?
Sekarang setelah kamu memulai, pertahankan momentumnya. Bagi banyak orang, cara terbaik untuk melakukannya adalah mempelajari sesuatu yang secara langsung relevan dengan pekerjaannya.

Identifikasi area pekerjaan kamu yang sudah kamu kuasai, jelajahi apa yang akan membuatmu lebih menonjol dan fokuskan upaya untuk meningkatkan diri dalam area ini.

3) Apa yang akan membuat saya tidak terlalu frustrasi di tempat kerja?
Peningkatan keterampilan tidak hanya harus tentang mempelajari hal-hal baru, tetapi juga tentang mempelajari kembali dasar-dasarnya.

Atasi aspek pekerjaan yang kamu perjuangkan dengan meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang paling membuatmu frustrasi setiap hari.

Setelah mengidentifikasi hal paling membuat frustasi dalam pekerjaan sehari-hari kamu, temukan cara untuk meningkatkan keterampilan dalam area tersebut.

Ini dapat mencakup menghubungi rekan kerja untuk mengetahui bagaimana mereka menyelesaikan tugas administratif mereka dengan cepat.

Atau kamu juga bisa membaca artikel yang direkomendasikan tentang bagaimana kamu bisa mengatur waktu dengan lebih efektif.

Baca juga: Cara Tingkatkan Keterampilan agar Mampu Bersaing di Pasar Kerja 2022

4) Apa yang akan membantu saya mengembangkan keunggulan kompetitif di luar pekerjaan saya?
Bahkan jika kamu melihat diri tetap pada peran kamu saat ini untuk jangka panjang, tujuan karier kamu tidak boleh dikaitkan dengan pekerjaan dan perusahaan.

Jika kamu seorang developer tetapi memiliki rencana untuk menjadi manajer di masa depan, kamu akan membutuhkan lebih dari sekadar keterampilan teknis untuk mendapatkan peran yang diinginkan.

Misalnya, kamu harus memiliki keterampilan kepemimpinan, kemampuan untuk berkomunikasi antar tim dan pemangku kepentingan serta mengelola beberapa jadwal proyek.

Dengan mengembangkan soft skill, pada akhirnya kamu akan menemukan keunggulan dibandingkan pesaingmu, baik itu untuk promosi internal atau untuk peran di perusahaan lain.

5) Apakah saya berpikir secara holistik?
Meskipun bagus untuk memiliki area peningkatan keterampilan khusus untuk dikerjakan, pastikan juga kamu mempertimbangkan gambaran yang lebih besar.

Evaluasi apakah kamu terlalu fokus pada soft skill dan kurang pada hard skill, atau sebaliknya.

Apakah kamu menjelajahi semua sumber daya yang bisa kamu manfaatkan, atau sebagian besar hanya mengandalkan satu pendekatan.

Meningkatkan keterampilan diri sendiri adalah perjalanan yang panjang dan berkelanjutan.

Jadi yang terbaik adalah memastikannya berkelanjutan, menarik secara pribadi, dan memberikan pertumbuhan dalam berbagai aspek kehidupan profesional kamu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply