Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Februari 4, 2023
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Mau Staycation Pas Libur Lebaran? Kenali Dulu Kelebihan dan Konsepnya

Kelebihan staycation.Ilustrasi. (dok. Timetac)

Topcareer.id – Sejak pandemic melanda, ada istilah baru dalam industri pariwisata, yakni staycation. Staycation tidak seperti berwisata pada umumnya. Ya, staycation adalah untuk tinggal di rumah. Namun, strategi berlibur dengan cara ini juga memiliki beberapa kelebihan.

Namun sebelum itu kamu perlu tahu dulu, apasih maksud dari staycation yang sebenarnya, seperti apa konsep staycation ini?

Menurut laman Staycation.com, staycation itu sendiri adalah:

“liburan yang dihabiskan di rumah seseorang menikmati seluruh rumah itu dan [semua] lingkungan rumah yang ditawarkan.”

Wixon (2009), bagaimanapun, memberikan definisi yang lebih kecil, menyatakan bahwa staycation adalah:
‘liburan di mana wisatawan tinggal di rumah, atau di dekat rumah, sambil menciptakan lingkungan liburan tradisional’.

Jadi jelas dari definisi ini bahwa staycation berarti tinggal di atau dekat dengan rumahmu. Tapi bagaimana dengan jarak? Seberapa jauh kita dapat melakukan perjalanan sebelum perjalanan kita tidak lagi didefinisikan sebagai staycation?

Penelitian telah menyarankan bahwa ada beberapa karakteristik yang menentukan dari sebuah staycation, selain lokasi. Sharma (2009) menyatakan bahwa cenderung tidak ada tugas/pekerjaan di rumah saat melakukan staycation.

Sebaliknya, hari-hari dipadati dengan berbagai aktivitas. Alban (2008) menyatakan bahwa orang cenderung menahan diri untuk mengakses email dan panggilan kerja selama staycation.

Baca juga: Efek Positif Puasa Ramadan Pada Kesehatan Mental

Kelebihan staycation

Biaya

Mengutip laman Tourism Teacher, salah satu alasan utama seseorang memilih staycation adalah karena umumnya lebih murah daripada bepergian lebih jauh. Tentu saja, staycation bisa memakan banyak biaya, tergantung pada kegiatan apa yang kamu pilih untuk dilakukan.

Namun, dengan memilih staycation, turis menghilangkan, atau secara signifikan mengurangi biaya perjalanan.

Lebih mudah

Mengambil staycation sering dianggap lebih mudah daripada bepergian lebih jauh. Kemungkinan tidak ada hambatan bahasa, tidak perlu pertukaran mata uang dan sedikit perbedaan budaya antara rumah dan tempat staycation.

Mendukung komunitas lokal

Melakukan staycation merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Staycations sering mendukung bisnis lokal.

Lingkungan

Staycation seringkali bisa lebih baik bagi lingkungan karena kita jarang bepergian. Tidak ada penerbangan dan lebih sedikit transportasi berarti lebih sedikit emisi CO2, yang hanya bisa menjadi hal yang baik.

Tinggalkan Balasan