Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Masih Muda tapi Sering Stres? Mungkin Ini Alasannya

Stres pada anak remaja. (source: APA)Stres pada anak remaja. (source: APA)

Topcareer.id – Hingga kini banyak orang yakin bahwa keberhasilan seseorang dalam satu atau lebih kegiatan bisa membangun kepercayaan diri. Banyak orangtua yang bingung mengapa anaknya tidak berprestasi, tapi menawarkan banyak kegiatan tambahan, seperti seni, olahraga hingga bahasa asing.

Harga diri atau kepercayaan diri tidak timbul karena faktor eksternal melainkan datang dari rasa penerimaan dan cinta diri sendiri. Segala hal yang dipaksakan akan menimbulkan demotivasi hingga depresi. Mengutip laman CEOWorld, berikut alasan munculnya stress padahal umur masih muda.

Tempramen

Telah terbukti bahwa kita tidak semua dilahirkan sama dalam hal temperamen. Beberapa punya tempramen yang tinggi, namun di sisi lainnya ada yang tempramennya tidak seberapa sejak lahir.

Kesalahan

Kesalahan, dan kegagalan masa lalu yang tidak kita tangani menciptakan kecemasan atau fobia.

Konflik internal

Stres sering diciptakan oleh konflik yang terjadi di dalam diri kita. Antara keinginan atau harapan kita di satu sisi dan batasan yang ditentukan oleh kesadaran atau lingkungan di sisi lain.

Dilema

Kecemasan dapat menumpuk di dalam diri kita ketika kita menghadapi dilema atau perlu membuat beberapa keputusan besar. Dalam menghadapi situasi seperti itu, kita mungkin bimbang antara dua kecenderungan: untuk melanjutkan solusi atau menundanya, mengatakan ya atau tidak, dan akhirnya, berani melakukan sesuatu yang berisiko.

Risiko dan kesulitan

Dalam kehidupan kita sehari-hari, ada banyak bahaya, terkadang nyata dan terkadang hanya spekulasi saja. Juga, ada banyak kewajiban dan masalah yang membebani kita setiap hari, menuntut penyelesaiannya.

Keraguan tentang kemampuan kita

Kecemasan dengan mudah muncul dalam diri kita ketika kita meragukan nilai atau kemampuan kita. Di sini perlu dicatat bahwa bahkan kewajiban kecil atau tidak penting yang tidak dapat kita penuhi dapat menciptakan kecemasan ketika ini mengancam harga diri kita.

Pengangguran berlebih

Semakin kita memikul beban di pundak kita, semakin banyak kecemasan yang meningkat. Jadi, tanggung jawab ekstra berarti kerja ekstra dan stres ekstra.

Pola asuh

Pendidikan dan pengalaman masa kecil sering membuat kita stres. Jika. misalnya, kita memiliki orang tua yang di masa kecil kita menuntut kita lebih dari yang bisa kita hasilkan atau jika kita tinggal di sebelah orang-orang yang stress, dan terus-menerus menularkan kecemasan mereka kepada kita, wajar jika kita juga stres. Telah diamati bahwa tekanan mental berbeda tergantung pada jenis kelamin individu.

Tinggalkan Balasan