Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Memanfaatkan Facebook untuk Membangun Networking (Bagian 2)

Pengguna facebook pertama kalinya mengalami penurunan.Facebook. Dok/Saltwire

Topcareer.Id – Apakah kamu masih menggunakan Facebook untuk curhat atau sekadar mengunggah postingan-postingan yang mudah terlupakan? Jika iya, mungkin ini saatnya menghapus semua keberisikan itu, dan memanfaatkan Facebook untuk keperluan karier kamu.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah membangung networking yang kuat di sana.

Memang, Facebook bukan Linkedin. Namun menurut data dari Desember 2021, platform ini memiliki 1,93 miliar pengguna aktif harian, dan 2,91 pengguna aktif bulanan.

Terbayang bukan, ada berapa banyak kandidat networking spesial, yang bisa membantu meroketkan karier kamu?

Kabar baiknya lagi, Facebook cenderung disukai oleh orang yang lebih tua. Sebuah studi mengungkapkan bahwa Facebook lebih populer di kalangan mereka yang berusia 30 tahun-65 tahun, daripada orang yang berusia di bawah 30 tahun.

Oleh karena itu, menggunakannya untuk jaringan profesional adalah proses yang lebih terarah.

Dengan Facebook, kamu dapat membuat halaman acara, penggalangan dana, widget, dan alat untuk aplikasi lain yang tak terhitung jumlahnya. Ekspansi Facebook pada bagian pekerjaan dan pendidikan, serta segudang fitur baru termasuk video live, juga telah memikat para profesional.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan Facebook untuk membangun jaringan karier yang kuat? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba.

Bagian akhir dari artikel. Baca artikel sebelumnya di sini.

Berhati-hatilah dengan isu yang Memicu Perdebatan
Sikap politik atau keterikatan pada sebuah kubu, bisa memicu diskusi yang memanas.

Meskipun tidak apa-apa untuk tidak setuju dengan sudut pandang seseorang di media sosial, kamu tidak boleh menggunakan bahasa yang menyinggung. Perilaku agresif sangat tidak membantu dalam berjejaring, apalagi untuk membangun networking.

Manfaatkan Jaringan yang Kamu Punya
Jaringan teman dan keluarga yang ada, dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk membangun jaringan secara profesional.

Misalnya, kamu dapat memberi tahu bahwa kamu sedang mencari pekerjaan, dan mereka mungkin mengenal seseorang untuk diperkenalkan atau memberi tahu kamu tentang lowongan.

Baca juga: Pengin Harimu Lebih Produktif? Lakukan Hal Ini Setelah Bangun Tidur

Membuat Halaman Bisnis
Jika kamu adalah pemilik bisnis atau berharap untuk memulai bisnis dalam waktu dekat, manfaatkan memiliki halaman atau grup untuk bisnis kamu.

Cara ini bagus karena bisa membuatmu memisahkan kehidupan pribadi dan profesional dengan lebih leluasa, serta memperkuat personal branding kamu.

Memberikan Nilai dan Tindak Lanjut
Jaringan adalah jalan dua arah, jadi kamu juga perlu membawa sesuatu ke dalam hubungan. Pastikan kamu menawarkan sesuatu yang berharga untuk koneksi yang kamu buat.

Sama seperti jaringan tatap muka, selalu merupakan ide yang baik untuk menindaklanjuti dengan orang-orang di jaringan kamu, setelah kamu berbicara dengan mereka, atau jika kamu belum sempat bertemu dengan mereka dalam beberapa saat.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan