Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 3, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

6 Tanda Kamu Cocok Jadi Pemimpin di Jajaran C-Suite (Bagian 1)

Ilustrasi pemimpin-bos-atasan-c suite.Ilustrasi pemimpin-bos-atasan-c suite. (Pexels)

Topcareer.id – Mendapatkan peran eksekutif atau tingkat C-suite mungkin menjadi dambaan setiap orang. Tapi yang perlu diingat, pemimpian itu dibuat, bukan dilahirkan. Dengan mengembangkan kualitas yang dibutuhkan, kamu bisa menjadi pemimpin yang lebih kuat, bahkan setingkat eksekutif.

Beberapa kualitas kepemimpinan terlihat jelas. Tetapi ada juga petunjuk yang tidak biasa yang dapat mengungkapkan apakah kamu seorang pemimpin yang kuat.

Ingin mengetahui apakah kamu sudah punya kualitas itu dalam dirimu demi jabatan pekerjaan yang menyertakan kata “kepala?” Melansir Ladders, berikut adalah enam indikator mengejutkan kamu memang punya kualitas pemimpin sekelas C-suite.

1. Orang lain melakukan kebaikan untukmu

Apakah orang lain cenderung berusaha keras untuk membantumu? Apakah kamu tipe orang yang hanya bisa tersenyum dan mengubah konflik menjadi peluang yang menguntungkan? Kemampuan alamimu untuk mempengaruhi orang lain dan karisma bisa berarti kamu cocok menjadi eksekutif tingkat tinggi.

Pakar kepemimpinan Robert House adalah salah satu peneliti pertama yang mempresentasikan temuan seputar pemimpin karismatik. Dia berteori bahwa dasar karisma adalah interaksi emosional yang terjadi antara seorang pemimpin dan pengikutnya, yang menyebabkan pengikut memandang pemimpin dan ingin menjalankan kepentingan pemimpin sebagai milik mereka.

Jadi ketika kamu mengobrol dengan rekan kerjamu tentang proyek dan tantanganmu dan mereka akhirnya ingin membantumu, itu bisa jadi karena pesona dan kemampuanmu itu adalah untuk memimpin.

2. Kamu suka melakukan tindakan tanpa pamrih

Pernahkah kamu mendengar tentang kepemimpinan yang melayani? Ini adalah filosofi di mana tujuan utama seorang pemimpin adalah untuk melayani dan mengembangkan orang-orang dan komunitasnya.

Baca juga: Boomers! Begini Cara Komunikasi Dengan Generasi Z (Bagian 1)

Jika naluri alamimu selalu mengulurkan tangan untuk membantu atau mendukung orang-orang di sekitarmu, kamu memiliki dorongan untuk melayani — dan dorongan ini bisa menjadi aset yang kuat dalam karier.

Saat kamu menjelajahi gaya kepemimpinanmu, ingatlah bahwa menjadi orang yang baik hati dan suportif bisa sangat membantu. Sangat mudah untuk menganggap jalan menuju C-Suite sebagai jalan yang kejam, tetapi sikap pelayanan dapat menaikkanmu ke tangga perusahaan dengan cara yang lebih efektif daripada membuat musuh.

3. Orang-orang datang kepadamu untuk meminta nasihat

Sebuah studi komprehensif tentang sifat dan perilaku pemimpin yang efektif mengungkapkan bahwa pemimpin terbaik menunjukkan sifat-sifat yang termasuk dalam kategori menasihati dan mendukung orang lain.

Jadi, jika orang lain terus-menerus datang kepadamu untuk meminta nasihat, jangan mengabaikannya dan menganggapnya sebagai pendengar atau teman yang baik. Ini bisa sangat baik menunjukkan bahwa kamu memiliki potensi untuk mencapai C-Suite.

Kamu mungkin menerima kenyataan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk menasihati dan mendukung orang begitu saja karena itu datang begitu alami bagimu.

Tinggalkan Balasan