Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Amartha Foundation Buka Pendaftaran Beasiswa dengan Kuota Lebih Banyak

Beasiswa Amartha Cendekia.Beasiswa Amartha Cendekia.

Topcareer.id – Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) atau Amartha.org sebagai bagian dari inisiatif Amartha dalam menjalankan prinsip keberlanjutan, tahun ini kembali membuka pendaftaran Beasiswa Amartha Cendekia gelombang dua dengan kuota yang lebih banyak yaitu 150 siswi Sekolah Menengah Atas.

Amartha Foundation turut menggandeng Indonesia Mengajar, lembaga yang berfokus di bidang pendidikan, untuk meningkatkan kualitas seleksi dan pendampingan para penerima beasiswa.

Program Beasiswa Amartha Cendekia merupakan inisiatif dari Amartha.org yang diluncurkan pada April 2022 dengan memberikan dana pendidikan dan pendampingan persiapan kelulusan kepada pelajar perempuan kelas XII SMA/SMK sederajat, baik dari anak mitra Amartha maupun pelajar umum.

“Amartha meyakini, bahwa setiap individu berhak memiliki peluang untuk lebih sejahtera dan menjadi versi terbaik dari dirinya. Hal ini sangat dipengaruhi salah satunya oleh kualitas pendidikan,” kata Aria Widyanto, Chief Risk & Sustainability Officer Amartha dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id.

“Sayangnya, bagi mereka yang berada di lapisan piramida terbawah, dukungan untuk menempuh pendidikan masih sulit untuk didapatkan,” ujarnya.

Program ini dilatari oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 mengenai angka partisipasi kasar perguruan tinggi, bahwa sebanyak 68,81% lulusan sekolah menengah di Indonesia tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Baca juga: Rata-Rata Pendapatan Per Bulan Peserta Prakerja Naik Rp122.500

“Oleh sebab itu, Amartha memberikan akses berupa bantuan pendidikan dan pendampingan belajar sebagai kontribusi dalam menghadirkan kesetaraan di bidang pendidikan, agar generasi muda, khususnya anak perempuan di pelosok desa, juga dapat berkesempatan mewujudkan kesejahteraan bagi keluarganya di masa mendatang,” jelas dia.

Program beasiswa Amartha Cendekia gelombang pertama telah berlangsung di tahun 2022 dan sukses membuahkan kemajuan, di mana 96.5% pelajar penerima beasiswa memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Dari gelombang pertama ini, Amartha menyadari adanya peluang untuk meningkatkan kualitas pendampingan belajar, seperti menghadirkan kakak asuh yang berkualitas, menyediakan kelas sampai persiapan kuliah dan mencari beasiswa di Universitas.

Pada gelombang kedua ini, Amartha berkolaborasi dengan Indonesia Mengajar sebagai community partner yang bertugas membantu Amartha dalam menyempurnakan proses yang terdahulu seperti partisipasi dalam seleksi penerimaan siswa, pembuatan autoscoring, manajemen kelas, serta kelas inspirasi.

Alief Wicaksono, Partnership Manager Indonesia Mengajar menjelaskan, “Indonesia Mengajar percaya bahwa pendidikan adalah urusan kita bersama dan dalam hal ini kami sangat mendukung serta terlibat aktif dalam program Beasiswa Amartha Cendekia dalam memberikan dukungan pendidikan yang berkualitas kepada anak perempuan di pedesaan Indonesia.”

Beasiswa Amartha Cendekia ini menargetkan sebanyak 1.730 kuota penerima beasiswa dapat didistribusikan dengan total dana mencapai lebih dari 8 miliar rupiah dalam kurun waktu lima tahun.

Leave a Reply