Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, February 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

4 Hal yang Bikin Kamu Gagal Mendapatkan Beasiswa

Ilustrasi mendapatkan beasiswa.Ilustrasi wawancara beasiswa. (freepik)

Topcareer.id – Hampir tiap calon atau bahkan mahasiswa ingin bisa meraih beasiswa atau bantuan biaya pendidikan. Akses mendapatkan beasiswa perguruan tinggi pun saat ini juga semakin banyak, bisa dari pemerintah, BUMN hingga perusahaan swasta.

Meski banyak akses untuk mendapatkan beasiswa, tapi tetap saja butuh strategi untuk bisa lolos sampai akhir. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dan hal-hal yang perlu dihindari agar bisa lolos seleksi beasiswa.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) UM Surabaya, Khoirul Anam berbagi 4 hal yang bisa bikin seseorang gagal meraih beasiswa.

1. Tidak memahami jenis beasiswa yang dituju

Khoirul mengatakan, seseorang yang hanya asal-asalan mendaftar dan tidak memahami jenis beasiswa yang dituju akan mudah gagal seleksi di awal.

“Pendaftaran dengan niatan coba-coba terkadang tidak sesuai dengan minat ataupun bakat yang dimiliki sehingga kecil kemungkinan untuk bisa lolos,” kata Khoirul dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Kamis (6/7/2023).

2. Tidak melengkapi dokumen penting dan pendukung

Baik dokumen yang penting maupun pendukung sama-sama penting untuk dilengkapi. Biasanya karena tidak memahami jenis beasiswa di awal, akibatnya berujung pada ketidaklengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen yang diserahkan tidak lengkap itu, akan menimbulkan kesan apa adanya dan tidak memenuhi syarat.

Baca juga: UGM Buka Program Wirausaha Merdeka, Mahasiswa Manapun Boleh Ikutan

3. Tidak mempersiapkan wawancara

Menurut Khoirul, dari kesalahan di awal juga berakibat pada kesiapan dalam menghadapi sesi wawancara, ketika sudah salah kamar maka berdampak saat sesi wawancara berlangsung, sehingga terkesan kurang baik dan tidak siap dalam menjawab pertanyaan.

4. Tidak mempersiapkan essay dengan baik

Pada instansi tertentu essay biasanya menjadi salah satu syarat mendapatkan beasiswa sehingga menjadi hal penting yang tidak boleh disepelekan.

Ia melanjutkan, penulisan essay harus disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang telah disediakan, sehingga penulisan essay tidak asal dan sembarangan.

“Dari poin-poin di atas dapat menjadi perhatian para pencari beasiswa agar dapat mempersiapkan syarat-syarat beasiswa dengan baik dan tidak menyepelehkan syarat dan ketentuan yang berlaku, guna memimalisir ketidaklolosan,” tandas Khoirul.

Leave a Reply