Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 1, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kominfo Telusuri Adanya Dugaan Kebocoran Data Paspor 34 Juta WNI

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel menjelaskan soal penelusuran kebocoran data paspor 3,4 juta WNI.Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel. (dok. Kominfo)

Topcareer.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah melakukan penelusuran atas adanya dugaan kebocoran data pribadi 34.900.867 penduduk Indonesia yang dikaitkan dengan data paspor.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan menyampaikan, hingga Rabu (5/7/2023) malam, tim masih bekerja dan belum bisa menyimpulkan telah terjadi kebocoran data pribadi dalam jumlah yang masif seperti yang diduga.

“Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan beberapa tahap pemeriksaan secara hati-hati terhadap data yang beredar,” kata dia dalam siaran pers di laman resmi Kementerian Kominfo, dikutip Kamis (6/7/2023).

Ia lebih lanjut menyatakan bahwa penelusuran dan penyelidikan masih akan terus dilakukan secara mendalam dan perkembangan hasil penyelidikan akan disampaikan kemudian.

Baca juga: Era Digital, Kemnaker Sebut Jenis-Jenis Pekerjaan Ini Banyak Dicari

Kementerian Kominfo juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sesuai ketentuan yang berlaku, yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

“Kementerian Kominfo akan terus melanjutkan penelusuran dan akan merilis hasil temuan setelah mendapatkan informasi yang lebih detail,” ujar Semuel.

Kementerian Kominfo meminta agar seluruh penyedia platform digital dan pengelola data pribadi, makin meningkatkan keamanan data pribadi pengguna sesuai ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku serta memastikan keamanan sistem elektronik yang dioperasikan.

Leave a Reply