Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, February 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Data Udemy Tunjukkan Permintaan Global Terhadap Keterampilan AI

Ilustrasi Udemy tunjukkan informasi peningkatan keterampilan AI.Ilustrasi Udemy tunjukkan informasi peningkatan keterampilan AI. (Pexels)

Topcareer.id – Platform pembelajaran online, Udemy merilis informasi yang mengungkap bagaimana organisasi dan para profesional di seluruh dunia telah menerima dan menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif dalam setahun terakhir.

Udemy, memberikan pandangan detail tentang dampak perkembangan keterampilan teknologi ini di lingkungan kerja.

“Seiring dengan percepatan transformasi digital yang terjadi di pasar Indonesia, adopsi AI generatif menjadi semakin penting,” kata Head of Indonesia di Edemy, Giri Suahrdi mengutp dari siaran pers yang diterima Topcareer.id

Data Udemy, yang dikumpulkan sejak peluncuran ChatGPT pada 30 November 2022 hingga 31 Oktober 2023, menunjukkan bagaimana teknologi ini telah digunakan secara luas di seluruh dunia dalam satu tahun terakhir:

1. Hampir 800 instruktur telah membuat dan mengunggah lebih dari 1.000 kursus terkait ChatGPT di platform Udemy.
2. Terdapat lebih dari 2,2 juta pendaftar kursus ChatGPT di Udemy, dengan lebih dari 26.000 pendaftar di Indonesia.
3. Instruktur Udemy mengajar kursus ChatGPT dalam 25 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
4. Jumlah pendaftaran kursus ChatGPT di Indonesia melebihi jumlah pendaftar di beberapa negara berkembang seperti Australia dan Korea Selatan.

Tren data yang lebih luas mengenai para profesional yang mempelajari AI generatif mengungkapkan:

Baca juga: Permintaan Keterampilan ChatGPT Dominasi Kalangan Profesional Di Indonesia

Sepuluh industri teratas di mana perusahaan memberdayakan karyawan mereka dengan keterampilan AI generatif adalah: Layanan Profesional, Layanan Konsultasi, Teknologi, Manufaktur, Ritel, Keuangan, Hiburan & Media, Pendidikan, Pemerintahan, dan Ilmu Pengetahuan Hayati.

Kursus AI generatif yang paling diminati adalah topik Midjourney, seni AI, Python, dan prompt ChatGPT. Laporan Global Workplace Learning Index Udemy Q2 juga menyoroti perkembangan pembelajaran AI ke bidang fungsional lainnya seperti pemasaran, SDM, penjualan, dan manajemen proyek.

Laproan Global Learning & Skills Trends 2024 dari Udemy baru-baru ini mengemukakan bahwa pada tahun 2030, AI generatif diperkirakan dapat mengotomatisasi hingga 30% jam kerja saat ini, memberikan kontribusi sekitar $15 triliun terhadap ekonomi global.

Selama setahun terakhir, platform Udemy mencatat peningkatan sebesar 60% dalam pelatihan terkait AI, sementara permintaan akan kursus ChatGPT meningkat sebanyak 5.226% di kuartal pertama 2023.

Ini menunjukkan bagaimana organisasi mengutamakan peningkatan keterampilan untuk memaksimalkan hasil bisnis.

“Secara global, organisasi mengadopsi AI generatif dengan cara yang terarah dan bertanggung jawab, mendorong transformasi tenaga kerja serta mengembangkan budaya yang mendorong kecekatan, ketahanan, dan daya saing,” ujar Greg Brown, President and CEO di Udemy.

Leave a Reply