Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Permintaan Keterampilan ChatGPT Dominasi Kalangan Profesional di Indonesia

Ilustrasi skills masa depan-ilustrasi keterampilan ChatGPT.Ilustrasi skills masa depan-ilustrasi keterampilan ChatGPT. (Pexels)

Topcareer.id – Udemy, merilis Global Workplace Learning Index Q2 2023 yang mengungkap bahwa keterampilan dalam bidang artificial intelligence (AI) generatif tetap menjadi pilihan utama di berbagai sektor industri, termasuk keterampilan ChatGPT.

Laporan itu diterbitkan setiap tiga bulan dengan tujuan membantu perusahaan mempertahankan keunggulan kompetitif dan membuktikan kemampuannya untuk menghadapi masa depan. Laporan ini menyoroti keterampilan yang semakin diminati oleh para pembelajar di dunia profesional.

Laporan Udemy tersebut menganalisis data dari hampir 15.000 pengguna Udemy Business di seluruh dunia.

Di Indonesia, ChatGPT adalah topik yang paling diminati, dengan peningkatan sebesar 142% pada Q2 2023 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Secara total, lebih dari 1,8 juta pembelajar telah mendaftar di kursus-kursus terkait dengan keterampilan ChatGPT di Udemy.

Dalam sebuah laporan baru-baru ini, penggunaan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia berpotensi menciptakan nilai ekonomi sekitar Rp 5.299 triliun. Memperoleh pengetahuan tentang cara menerapkan AI dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas organisasi di Indonesia.

Udemy terus beradaptasi dengan lanskap AI yang terus berkembang dengan menyediakan beragam kursus terbaru dan relevan untuk membantu para profesional meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang AI.

Penggunaan AI generatif semakin merambah ke bidang non-teknis seperti pemasaran, manajemen sumber daya manusia, sales, dan project management.

Global Workplace Learning Index Udemy juga menyoroti peningkatan konsumsi topik-topik seperti ChatGPT (mengalami kenaikan 386% secara global), Generative AI (278%), dan Prompt Engineering (190%).

Baca juga: LinkedIn Sebut Mayoritas Profesional Marketing Di Indonesia Siap Gunakan AI

Giri Suhardi, Head of Indonesia di Udemy, mengatakan, tidak mengherankan jika ChatGPT terus menjadi topik hangat di kalangan profesional Indonesia karena setiap peran di dalam perusahaan memiliki potensi untuk memanfaatkannya demi efisiensi operasional.

“Hal ini menggarisbawahi perlunya perusahaan untuk mempertimbangkan kembali pendekatan mereka terhadap AI generatif untuk mendapatkan manfaat dari AI melalui proses peningkatan keterampilan tenaga kerja mereka,” kata Giri dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Selasa (10/10/2023).

“Perusahaan yang berinvestasi dalam melatih karyawan untuk menggunakan teknologi baru secara efektif akan menetapkan tolok ukur kinerja yang lebih tinggi dan mencapai hasil bisnis yang lebih besar,” tambahnya.

Dengan lebih dari 1.000 kursus mengenai ChatGPT, Udemy berkomitmen untuk memberdayakan para profesional di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan profesional mereka, memastikan bahwa mereka siap untuk berprestasi dalam lingkungan yang dinamis ini.

Perusahaan-perusahaan juga mulai mengeksplorasi penggunaan AI generatif dengan lebih mendalam untuk memanfaatkan potensinya, seperti meningkatkan optimisasi mesin pencari (SEO), menyederhanakan proses perekrutan talenta, meningkatkan responsivitas layanan dukungan pelanggan, dan menciptakan pesan pemasaran email yang dipersonalisasi.

Saat ini, Udemy memiliki lebih dari 2,8 juta pendaftaran untuk semua kursus bertema AI – tidak hanya ChatGPT – yang menyediakan wawasan dari para pakar di lapangan dan latihan praktis untuk membantu pembelajar memahami cara memanfaatkannya secara efektif.

Leave a Reply