Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Siap-Siap! Beasiswa IISMA Kembali Dibuka dengan Penambahan Kuota

Program beasiswa IISMA 2024 akan segera dibuka dengan penembahan kuota.Program beasiswa IISMA 2024 akan segera dibuka dengan penembahan kuota.

Topcareer.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun ini dengan penambahan kuota mahasiswa.

UGM Yogyakarta, dan perguruan tinggi lainnya memiliki persentase partisipasi mahasiswa yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Ketua Program IISMA, Dr. Rachmat Sriwijaya mengatakan bahwa adanya penambahan kuota mahasiswa untuk program IISMA karena peningkatan antusiasme dan partisipasi dari tahun ke tahun.

“Tahun 2024 ini akan ada peningkatan kuota. Jika tahun 2021 kita mulai dengan 1.000, kemudian 2022 kita buka dengan 1.100. Lalu 2023 kita tingkatkan 1.984, dan harapannya tahun ini dapat diberangkatkan sekitar 3.000-3.300 awardees,” kata Rachat dikutip dari laman resmi UGM, Jumat (5/1/2024).

“Kami berharap antusiasme mahasiswa terus meningkat tidak hanya di pulau Jawa, agar terjadi pemerataan,” ujarnya.

Seluruh awardees tersebut nantinya akan tersebar ke 140 mitra dari 35 negara yang terdaftar mulai tahun 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa terdapat tiga jalur penerimaan program IISMA, yakni afirmasi, reguler, dan co-funding. Jalur afirmasi dikhususkan bagi mahasiswa bidik misi, penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), dan mahasiswa di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Baca juga: Mau Lolos Beasiswa IISMA? Ini Tips Dari Awardee Dari UNAIR

Jalur ini diberikan untuk membuka peluang merata bagi seluruh mahasiswa Indonesia, terutama yang terkendala secara ekonomi.

Sedangkan bagi mahasiswa lainnya dapat mendaftar melalui jalur reguler atau jalur umum. Kedua jalur ini akan dilaksanakan secara bersamaan mulai dari proses pendaftaran, seleksi, pengumuman, hingga keberangkatan.

Bagi mahasiswa yang belum beruntung di jalur reguler, IISMA masih membuka kesempatan dengan jalur co-funding atau pendanaan parsial antara mahasiswa dengan Kemendikbudristek.

“Perbedaan jalur co-funding ini adalah bahwa tidak semua kampus bisa didaftar. Ada beberapa mitra yang tidak memungkinkan untuk pendaftar co-funding,” kata ujar Senior Manager Operasional dan Pengelola IISMA, Dr. Andi Rahardian Wijaya.

“Kemudian perbedaan lainnya adalah bahwa pendanaan dilakukan secara parsial. Kita hanya memberikan pendanaan untuk administrasi kampus, tuition fee, dan biaya tiket keberangkatan,” imbuhnya.

Program IISMA akan resmi dibuka pada akhir Januari hingga Februari 2024

Leave a Reply