Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

7 Faktor yang Dipertimbangkan Saat Milih Lembaga Kursus & Pelatihan

Ilustrasi UGM kembali membuka program upskilling dan reskilling bagi talenta muda Indonesia. (Dok/The Job Network)Ilustrasi UGM kembali membuka program upskilling dan reskilling bagi talenta muda Indonesia. (Dok/The Job Network)

Topcareer.id – Bagi yang ingin meningkatkan keterampilan ataupun keahlian dalam suatu bidang, bisa menimbang untuk memilih lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang diinginkan. Menentukan LKP yang sesuai kebutuhan dan berkualitas, kadang jadi tantangan tersendiri.

Mengutip laman Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, saat ini ada lebih dari 14.000 LKP yang tersebar di seluruh Indonesia dengan ratusan jenis keterampilan/keahlian yang diajarkan.

Berikut beberapa aspek atau hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih lembaga kursus, menurut Dirjen Pendidikan Vokasi.

1. Tenaga Pendidik dan Instrukturnya

Perlu diingat bahwa cara mengajar, metode ajar, materi yang lengkap harus dimiliki oleh tenaga pendidik. Oleh karena itu, pastikan para instrukturnya memiliki latar belakang pendidikan, baik formal, maupun nonformal yang sesuai serta berpengalaman mengajar di bidangnya.

2. Kurikulum

Materi-materi dengan muatan kurikulum harus sesuai dengan jenis kursus dan harus berorientasi kepada kebutuhan mayarakat dan dunia industri. Jadi, kurikulum yang baik adalah kurikulum yang disusun bersama oleh para tenaga pendidik, tenaga ahli di bidangnya, praktisi, pemakai jasa lulusan.

3. Pemagangan

Praktik kerja yang baik adalah praktik kerja yang menjamin kesiapan warga belajar memasuki dunia kerja. Untuk itu, harus dipastikan bahwa LKP yang dipilih memiliki mekanisme praktik kerja yang benar, seperti praktik kerjanya di mana, berapa lama, dan sebagainya.

Baca juga: Indonesia Skills Week Dibuka Hari Ini, Banyak Pelatihan Murah Dan Gratis

4. Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana lembaga kursus akan berdampak kepada kenyamanan dan keamanan. serta meningkatkan efektivitas belajar mengajar. Sarana prasarana meliputi gedung, bahan belajar, media pembelajaran, dan sebagainya.

5. Pengujian dan Sertifikasi

Salah satu faktor memilih lembaga kursus, yakni dilihat dari seperti apa sistem pengujian dan sertifikasinya. Karena tingkat keberhasikan belajar mengajar baik teori maupun praktik dilakukan dengan pengujian, baik ujian lokal, nasional, internasional, maupun kompetensi.

Semua bentuk ujian ini biasanya diberikan sertifikasi. Pastikan LKP yang kamu pilih akan memberikan sertifikasi yang bisa diterima di dunia industri ya.

6. Kemitraan

Kemitraan yang dilakukan oleh LKP akan sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut. Jadi, pastikan dengan siapa saja LKP kamu bermitra.

7. Kompetensi

Kompetensi jelas menjadi faktor utama saat menentukan LKP. Jenis kompetensi yang apa saja yang diberikan di LKP yang kamu pilih menjadi poin penting agar sesuai dengan bidang yang ingin kamu pelajari.

Leave a Reply