Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Lowongan KerjaTren

Menteri PANRB: Rekrutmen CASN 2024 Bisa Lebih dari Satu Kali

Ilustrasi Selain membuka porsi fresh graduate dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, pemerintah juga memperioritaskan pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) seperti auditor.Ilustrasi selain membuka porsi fresh graduate dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, pemerintah juga memperioritaskan pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) seperti auditor. (dok. Kementerian PANRB)

Topcareer.id – Sebagai bentuk fleksibilitas penataan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tertuang dalam UU 20/2023 tentang ASN, maka rekrutmen Calon ASN (CASN) 2024 ini bisa berlangsung lebih dari satu kali.

Dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas bahwa aturan ini justru akan memudahkan pemerintah dalam mengatur rekrutmen.

“Jadi memang UU ASN yang baru kan memberi ruang yang terbuka dan memudahkan pemerintah dari pusat sampai daerah dalam mengatur rekrutmen. Tidak terpaku pada pola tertentu, agar organisasi bisa berjalan dinamis,” kata Anas melalui siaran pers, dikutip Senin (15/1/2024).

Lebih lanjut Anas mencontohkan, pada institusi swasta maupun BUMN yang dinamis, rekrutmen tidak harus menunggu siklus tahunan, melainkan menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Bila menunggu siklus tahunan, organisasi akan kesulitan menyesuaikan diri dengan tantangan yang sangat dinamis.

Ia menambahkan, termasuk untuk 2024, rekrutmen berpotensi dijalankan lebih dari satu kali. Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah mengumumkan rekrutmen sebanyak 2,3 juta orang.

Terkait dengan jadwal pelaksanaan seleksi, pemerintah akan mengumumkan usai melakukan pembahasan teknis dengan seluruh instansi.

Baca juga: Tes CASN 2024 Mulai Mei, Instansi Diminta Segera Usul Kebutuhan ASN

Direncanakan, untuk tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 yang terdiri atas seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

“Untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian, lembaga, dan pemda dapat memasukkan data dalam platform digital yang disiapkan BKN,” ujar Anas.

Saat ini, Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian negara (BKN) sedang bergerak cepat untuk membahas pelaksanaan pengadaan ASN tahun 2024.

“Minggu ini Tim Kementerian PANRB dan BKN intens melakukan pertemuan terutama dengan seluruh kementerian, lembaga, dan pemda termasuk dengan para pengelola kepegawaian,” ujarnya.

Lanjutnya dikatakan, Kementerian PANRB mendorong instansi pemerintah baik pusat dan daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik sehingga reformasi birokrasi berdampak dapat benar-benar terwujud. ditargetkan konsolidasi usulan instansi pemerintah diselesaikan pada Januari 2024.

Leave a Reply