Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Susah Tidur ? Coba 2 Tips Atasi Stres Ini

Tuna wisma di Tokyo, Jepang tidur di kafe internet. (dok. Guardian)

TopCareer.idSusah tidur karena stres bisa bikin aktivitas harian seseorang terganggu. Tak bisa terlelap di waktu malam misalnya, kegiatan pekerjaan di hari berikutnya berisiko mengalami masalah seperti tidak fokus.

Selain itu, berbagai masalah kesehatan juga dapat mengintai apabila seseorang sering mengalami susah tidur. Pakar masalah tidur Luis F. Buenaver dari Johns Hopkins mengatakan, stres dan sulit tidur punya kaitan yang sangat erat.

“Jika Anda kesakitan, cenderung khawatir, atau sedang menghadapi situasi sulit dalam hidup, Anda mungkin memiliki lebih banyak hormon stres daripada biasanya yang beredar di tubuh Anda,” kata Buenaver.

“Tidur malam yang buruk menambah lebih banyak lagi. Dan hormon-hormon itu mungkin tidak akan pernah terurai sepenuhnya. Ini seperti menjalankan mesin pada gigi lima sepanjang waktu,” pungkasnya.

Meski begitu, mengutip dari Johns Hopkins Medicine, Senin (3/6/2024), ada beberapa teknik pereda stres yang dapat membantu kamu lebih tidur nyenyak dan tenang, di antaranya seperti yoga, tai chi, hingga meditasi.

Baca juga: Bahaya Tidur Lebih Dari 9 Jam

Sementara buat orang yang susah tidur, Buenaver pun memberikan dua latihan sederhana yang mungkin dapat kamu lakukan.

Bernapas dengan lembut

  • Di tempat yang tenang, duduk atau berbaring dengan posisi yang nyaman. Mungkin membantu untuk menutup matamu.
  • Tarik napas perlahan masuk dan keluar selama sekitar lima menit. Saat kamu menarik napas, hiruplah ke dalam perut Anda.
  • Fokus pada napasmu.
  • Jika kamu mau, ulangi pada diri sendiri, “Menarik napas maka saya tenang, mengembuskan napas maka saya mengatasinya.”

Relaksasi otot progresif

  • Di tempat yang tenang, duduk atau berbaring dengan posisi yang nyaman.
  • Ambil beberapa napas lembut, masuk dan keluar.
  • Mulailah menegangkan kelompok otot satu per satu saat bernapas. Tahan ketegangan saat menarik napas, lalu lepaskan saat mengeluarkan napas. Ambil napas beberapa kali saat Anda memperhatikan dan menikmati betapa rileksnya setiap kelompok otot.
  • Mulailah dengan otot-otot di kepala, leher, dan wajah Anda. Turun ke bahu, tangan dan lengan, punggung, perut, bokong, paha, betis, dan kaki.
  • Ulangi untuk area mana pun yang masih tegang.

Buenaver mengaatakan, latihan ini bisa dijajal setiap hari selama 20 sampai 25 menit, selama dua pekan. Nilailah tingkat stres emosional dan fisikmu sebelum dan sesudahnya.

Kemudian, setelah dua pekan, pilih yang paling sesuai untuk mengatasi stres, kecemasan, dan insomniamu, lalu pertahankan setiap hari.

Leave a Reply