Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Susah Tidur Saat Malam? Coba Makan Buah Satu Ini

Sumber foto: USDASumber foto: USDA

Topcareer.id – Banyak orang yang sangat berjuang untuk bisa tidur saat malam tiba. Beberapa di antara mereka juga mencoba meminum pil-pil tidur dan sebagainya. Namun, ada satu makanan khusus yang disebut-sebut sebagai bantuan untuk tidur. Jawabannya adalah kiwi.

Kiwi mengandung senyawa dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan tidur—termasuk serotonin.

Menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, konsumsi rutin buah kiwi dapat secara dramatis meningkatkan kualitas dan durasi tidur di antara populasi yang menderita gangguan tidur kronis.

Peserta yang terlibat dalam laporan yang mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur tampaknya menikmati manfaat yang paling nyata.

Dari studi tersebut ditemukan bahwa mereka bisa tertidur 42% lebih cepat dibandingkan ketika mereka tidak makan apa pun sebelum waktu tidur yang ditentukan.

Selain itu, kemampuan mereka untuk tidur sepanjang malam tanpa bangun meningkat sekitar 5%, dan total waktu tidur mereka meningkat sebesar 13%.

Ini mungkin tampak kontra-intuitif mengingat sistem kesehatan sering tidak menyukai ngemil larut malam. Ternyata apa yang kita makan lebih penting daripada saat kita makan sehubungan dengan kesehatan tidur secara keseluruhan.

Baca juga: Olahraga Pakai Masker? Jangan Memaksakan Diri

“Data menunjukkan bahwa kamu lebih baik makan makanan ringan, padat nutrisi, rendah energi dan / atau makronutrien tunggal daripada makanan campuran besar,” The National Library of Medicine melaporkan.

Kontrol porsi juga penting. Makan berlebihan sebelum tidur dapat mengganggu pola pencernaan yang pada gilirannya dapat menyebabkan kita terombang-ambing sebelum mencapai tidur nyenyak.

Makanan pemicu tidur lainnya untuk ngemil larut malam

Tidak cukup hanya tidur delapan jam untuk memaksimalkan manfaat kesehatan. Kualitas tidur berperan sama besarnya dengan durasi tidur jika kamu ingin memastikan kamu bangun dengan perasaan istirahat dan produktif. Di sinilah pilihan cemilan larut malam masuk untuk membantu.

Almond, misalnya, dilaporkan menyediakan sumber melatonin yang sangat baik (hormon yang bertanggung jawab untuk pengaturan tidur dan jam internal kita) serta magnesium (mineral yang membantu sistem saraf kita untuk mengurangi aktivitas sebelum tidur.)

Kenari memberikan sifat peningkat tidur yang serupa melalui asam amino yang membantu tubuh kita memproduksi serotonin dan melatonin. Plus, makanan yang tercantum di atas datang dengan manfaat tambahan yang mengandung kalori yang relatif sedikit.**(Feb)

Tinggalkan Balasan