TOPCAREER.ID – Ada masa percobaan ketika personal trainer (PT) mendapat klien baru, namanya penyesuaian. Selama penyesuaian itu, seorang personal trainer bakal meminimalisasi kesalahan selama latihan agar klien tidak mengalami cidera, atau bahkan “kabur” tak ingin menggunakan jasa PT.
Jadi, enggak cuma keahlian secara teknis yang perlu dikuasai oleh personal trainer. Biar klien betah bahkan terus berdatangan, para PT setidaknya punya skill komunikasi yang baik. Selain itu, kira-kira apa saja yang perlu dilakukan personal trainer agar klien betah ya?
Wawasan Luas
Menurut Manager Fitness Gold’s Gym Kalibata City, M. Agung Suryana, wawasan seorang personal trainer itu harus luas, paham berita-berita terkini dan up to date. Kenapa begitu? Karenabackground setiap klien itu berbeda-beda, ditambah agar latihan tidak garing, ngobrol soal topik tertentu itu perlu.
“Misal ada member yang tanya tentang otomotif, kalau kami enggak nyambung juga enggak sinkron juga nanti. Misal tentang komputer bisa nimpalin. Kalau kami enggak tahu kan selesai komunikasinya. Harus tahu tren. Tapi tetap profesionalnya ada,” ujar Agung.
Intinya, biar komunikasi enggak berhenti di satu titik, personal trainer perlu update berita setiap hari, kira-kira apa yang sedang hangat. Jadi, topik itu nantinya bisa dibawa ke klien agar tidak bosan selama latihan.