Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Komunitas

Seru, Permainan Edukatif Ciptaan Mahasiswa PoliBatam

TOPCAREER.ID -Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang kesejahteraannya menjadi salah satu aspek penting yang mempengaruhi suatu keberhasilan dalam mewujudkan Pembangunan Nasional. Hal tersebut ditekankan dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera.

Diperkuat dengan adanya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1994 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Keluarga Sejahtera, yang didalamnya memuat 8 fungsi keluarga antara lain fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi, dan fungsi lingkungan, yang harus diterapkan secara optimal dalam kehidupan berkeluarga.

Oleh karena faktor pentingnya pengetahuan tentang kesadaran fungsi keluarga, menjadi perhatian lima orang mahasiswa Polibatam yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat yang didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI yang beranggotakan Niki Moktika, Dwi M jurusan Manajemen Bisnis, Nisriani Uswatunnisa dan Reynanda Putra Pratama jurusan Teknik Informatika, Putri Wandana dan Ahmad Dzaky Zain  jurusan Teknik Mekatronik untuk menciptakan sebuah media pembelajaran menarik mengenai fungsi keluarga.

Program Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di RW 06 Kecamatan Sagulung yang dihadiri oleh Ketua RW dan RT setempat serta 10 Keluarga yang tinggal di wilayah RW tersebut.

Mereka menciptakan permainan kotak edukatif dapat dimainkan seluruh anggota keluarga dan memberi informasi mengenai fungsi keluarga yang dilengkapi dengan kartu pintar yang berisi materi mengenai fungsi keluarga dan dapat dibaca oleh talking pen yang akan mengeluarkan audio berisi perintah yang harus dijalankan oleh pemain, sehingga dapat memudahkan pemain yang belum bisa membaca.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply